Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fergie: Derby Manchester Jadi Penentu Gelar Juara

By Galih Rachdityo - Senin, 5 Maret 2012 | 22:42 WIB
Sir Alex Ferguson (Michael Regan/Getty Images)

Sir Alex Ferguson meyakini bahwa perburuan titel juara Premier League akan ditentukan dari hasil laga derby Manchester antara Manchester City kontra Manchester United di Stadion Etihad yang akan digelar pada tanggal 30 April 2012.

Manajer United itu sangat yakin jika kubunya masih bisa mempertahankan mahkota juara Premier League di musim kompetisi 2011/12, setelah menandukkan Tottenham Hotspur dengan skor 3-1 di White Hart Lane, Ahad (4/3).

Kemenangan atas Spurs diakui Fergie sebagai sebuah keberuntungan, tapi ia yakin dapat menjadi titik balik untuk terus menekan City, yang saat ini bertengger di posisi puncak papan klasemen sementara Premier League dan unggul dua poin atas The Red Devils.

"Kami sudah menghadapi tim-tim besar sejak bulan Januari, termasuk City dan Liverpool di ajang Piala FA," kata Ferguson seperti dilansir Fifa.com. "Kami sudah melalui hal itu dan memberikan kredit pada setiap pemain atas kerja keras mereka."

Mengenai laga derby Manchester kontra The Citizens di akhir bulan April, yang akan menjadi laga ketiga terakhir United sebelum berakhirnya musim 2011/12, Fergie cukup yakin kalau laga tersebut akan menentukan siapa yang berhak meraih titel juara Premier League di musim ini.

"Ya, saya pikir laga tersebut akan menjadi penentu titel juara. Meski sangat sulit untuk dikatakan saat ini, tapi segala sesuatunya masih bisa terjadi," ungkap manajer yang sudah menangani United lebih dari 25 tahun tersebut.

"Suatu saat Anda bisa kehilangan poin, dan saya yakin hal tersebut bisa terjadi. Terkadang Anda bisa kehilangan poin yang sangat penting, dan saya pikir kedua tim bisa kehilangan poin, tapi yang terpenting adalah tidak kehilangan poin sebanyak lawan Anda," lanjut Ferguson.

"Kami lebih memiliki pengalaman, jadi kami tidak mudah merasa gugup. Performa yang diperlihatkan saat menghadapi Spurs, menjadi penanda untuk mengatakan pada Anda apa yang ingin kami tuju," tutupnya.