Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Toure Yakin City Setangguh Skuad Lama Arsenal

By Galih Rachdityo - Rabu, 7 Maret 2012 | 20:14 WIB
Kolo Toure (Michael Regan/Getty Images)

Kolo Toure yakin kalau skuad Manchester City saat ini memiliki kekuatan yang sama dengan skuad lama Arsenal, yang secara konsisten bersaing dan memenangkan titel juara. Toure, eks bek The Gunners itu merasa cukup yakin kalau kedalaman skuad sangat vital untuk bisa memenangkan trofi juara.

Toure, bek asal Pantai Gading yang bergabung dengan The Citizens pada medio 2009 lalu dari Arsenal, mengatakan kalau City harus bisa mempertahankan kedalaman skuad mereka untuk menjauhi kejaran Manchester United dalam perburuan titel juara Premier League di musim ini.

"Kualitas yang dimiliki sama. Sewaktu di Arsenal, kami memiliki 24 pemain hebat, dan sama halnya dengan di sini," kata Toure pada The Daily Mirror. "City juga memiliki 24 pemain hebat. Di sini, Anda bisa mengganti setiap pemain. David Silva dan Aguero tidak main saat menghadapi Bolton, tapi kami masih tetap menang."

Toure memberi contoh skuad The Gunners sewaktu ia masih berada di sana. Dengan beberapa pilar utama seperti Dennis Bergkamp dan Kanu yang tidak dimainkan, tapi The Gunners sanggup memetik kemenangan. Ia juga menekankan perlunya rotasi pemain untuk menjaga kebugaran agar bisa tetap bersaing hingga akhir musim.

"Kondisi di Arsenal dulu seperti ini. Dennis Bergkamp dan Kanu terkadang berada di bangku cadangan, tapi kami bisa memenangkan pertandingan. Hal ini sangat penting, ketika Anda memiliki skuad yang besar dan bisa merotasi para pemain, beri kesempatan pada beberapa pemain untuk beristirahat dan hal ini bisa membantu hingga akhir musim," ungkap bek berusia 30 tahun tersebut.

"Secara mental, yang harus dilakukan hanyalah fokus pada pertandingan kami dan memainkan setiap pertandingan layaknya partai final. Hal ini layaknya sebuat tes mental dan juga fisik, karena tekanan yang diberikan dari tim-tim lain. Tapi di saat yang sama, Anda harus tetap tenang dan bermain seperti biasanya," lanjutnya.

"Selalu sulit ketika Anda berada di depan, karena tim-tim lain akan selalu menekan. Namun, di saat yang sama, sangat menyenangkan bisa unggul dua poin atas United, karena mampu memberikan tekanan juga pada mereka," pungkasnya.