Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Menuju Angka Seratus

By Husein Noval - Sabtu, 10 Maret 2012 | 00:37 WIB
Jose Mourinho (Getty Images)

100 Jose Mourinho mengarsiteki Real Madrid sejak datang di awal musim 2010/2011.

Rekor entrenador berkebangsaan Portugal itu bersama Los Blancos terbilang bagus. Dibawah tangan dingin Mou El Real cuma kalah 10 kali dan meraup 13 hasil imbang, sejauh ini The Spesial One telah memberi 76 kemenangan dari 99 pertandingan.

Dalam 99 partai bersama Mourinho, Madrid tercatat telah mengemas 271 gol. Artinya Cristiano Ronaldo dkk. rata-rata  membuat 2,7 gol per pertandingan.

Madrid menunjukkan peningkatan signifikan sejak diasuh mantan pelatih Chelsea, Internazionale, dan FC Porto itu. The Special One sendiri baru saja menjadi pelatih yang meraih kemenangan ke-50 dengan jumlah pertandingan paling sedikit sepanjang sejarah La Liga.

Bersama Mourinho Madrid juga sering menang besar. Hasil 8-0 menghadapi Levante di Copa del Rey musim lalu, serta kemenagan 7-1 atas Osasuna di La Liga musim ini adalah beberapa contohnya. Musim ini Mou berhasil membawa Madrid menjadi pimpinan klasemen sementara La Liga. Hingga memasuki pekan ke-25 Los Blancos unggul 10 poin dari pesaing terdekatnya Barcelona.

Untuk jumlah gelar Mourinho baru menyumbang satu Copa del Rey ketika  musim lalu mengalahkan Barca  1-0 di partai final. Namun melihat performa Madrid di La Liga dan Liga Champion musim ini yang terus membaik, bukan tidak mungkin ia akan memberi gelar tambahan.

***

Rekor Mourinho di Real Madrid:

La Liga - Main: 63
             Menang: 51
             Seri: 6
             Kalah: 6

Liga Champion - Main: 19
                         Menang: 14
                         Seri: 4
                         Kalah: 1

Copa del Rey - Main: 15
                       Menang: 11
                       Seri: 2
                       Kalah: 2

Supercopa    - Main: 2 (seri sekali dan kalah sekali dari Barcelona)