Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIA Sesuaikan Peraturan F1 Jelang Musim 2012

By Andi Yanianto - Sabtu, 10 Maret 2012 | 01:04 WIB
Kamui Kobayashi (Bryn Lennon/Getty Images)

Sepekan sebelum Formula 1 musim 2012 dimulai dengan GP Australia, Ahad (18/3) seri pembuka, Federasi Otomobil Internasional (FIA) melakukan sejumlah perubahan kecil menyangkut beberapa peraturan. Perubahan tersebut dimaksudkan untuk menambah faktor keselamatan di balap mobil paling bergengsi sejagat itu.

Drag Reduction System (DRS), sebuah peraturan yang baru diberlakukan pertama kali pada musim 2011, dan mendapat sambutan luar biasa positif dari berbagai pihak, adalah yang akan disesuaikan (tweak). Sebelumnya, DRS berlaku penuh di zona yang telah ditentukan oleh Race Director secara spesifik di setiap sirkuit. Mempertimbangkan faktor keselamatan khususnya pada saat hujan (wet race), maka mulai musim 2012 Race Director berhak untuk membatalkan pemakaian DRS jika dipandang kondisi cuaca kurang mendukung.

"Race Director diperbolehkan untuk melarang penggunaan sayap belakang yang disesuaikan (DRS) jika ia merasa jarak pandang sangat buruk di kondisi trek basah. Ini dilakukan atas dasar masalah keselamatan mengingat perbedaan kecepatan yang cukup besar di antara mobil," sebut pernyataan FIA menyusul sidang World Motor Sport Council (WMSC).

Selain DRS, WMSC juga mempertegas peraturan waktu jam malam bagi kru tim, khususnya di GP yang digelar pada malam hari. Penegasan ini dimaksudkan agar waktu jam malam bagi kru tim sama di setiap seri dan menyamakan waktu istirahat bagi setiap kru.

Perbaikan kecil juga dilakukan untuk peraturan penggunaan ban basah saat sebuah seri mengalami kondisi basah sejak hari pertama race weekend.

"Satu set ban kering kini boleh tetap dipegang tim hingga Sabtu, jika kedua sesi Jumat dinyatakan sebagai sesi basah. Ini diharapkan bisa membuat tim tetap tampil dengan lebih banyak lap pada sesi Sabtu," tulis FIA.