Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persebaya Minim Stok Pemain di Bojonegoro

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Sabtu, 10 Maret 2012 | 12:10 WIB

21 di Hassanal Bolkiah Trophy, tiga pemain pilar di lini tengah harus absen pada Derby Jatim melawan Persibo Bojonegoro ini.

Bajul Ijo sudah kehilangan tiga pilar andalannya, Nurmufid Fastabiqul Khoirot, Miko Ardiyanto, dan Andik Vermansyah, yang membela timnas U-21 berkiprah di turnamen Hassanal Bolkiah Trophy 2012 sejak Derby Jatim sebelumnya melawan Arema Indonesia. Namun, menjalani Derby Jatim lain dengan Persibo Bojonegoro, Pelatih Persebaya, Divaldo Alves, semakin mendapat beban karena tiga pemain pilar lainnya juga harus absen.

Tiga pemain pilar lain yang harus absen adalah M. Taufiq, Alexandre da Silva atau yang akrab disapa Amaral, dan Mario Karlovic. Taufik harus menjalani akumulasi kartu kuning, Amaral dibekap cederra lutut saat menghadapi Arema, dan Mario Karlovic masih menjalani penyembuhan karena dislokasi pada bahu kirinya.

Selain tiga penjaga gawang yang siap tampil, Divaldo hanya memiliki 17 opsi pemain yang siap diturunkan. Karena itu Divaldo pun menyiapkan dua pemain muda untuk mengisi pos yang ditinggalkan Mario, yaitu Aulia Ardly dan Wirya Kumandra. Sementara di posisi Taufiq, mantan pelatih Persijap itu memilih Jusmadi.

"Banyaknya pemain yang absen membuat stok pemain kami sangat terbatas," ujar Divaldo. "Tapi, usai melakukan evaluasi dan mengamati rekaman pertandingan Persibo kami sudah melakukan simulasi dengan strategi baru," lanjutnya.

Kendati mengeluh karena minim stok pemain, Divaldo tetap optimistis melihat semangat tinggi yang diperlihatkan anak-anak Bajul Ijo saat sesi latihan, Kamis (8/3) lalu. Menurutnya kemenangan 2-1 atas Arema dalam Derby Jatim sebelumnya cukup mempengaruhi pasukannya.

"Kemenangan atas Arema berpengaruh positif pada mental anak-anak. Saya harap ini bisa menjadi modal bagus saat pertandingan nanti," ujar pelatih asal Brasil itu.

Prakiraan pemain Persebaya (4-5-1):

30-Endra Prasetya, 3-Erol Iba, 15-Rivelino Ardiles, 5-OtavioDutra, 24-Yusuf Hamzah, 2-Halil, 14-Jusmadi, 20-Aulia Ardly, 12-Rendi Irwan, 25-Edi Gunawan, 31-Feri Ariawan.

Cadangan: 22-Dedi Iman, 1-Dimas Galih, 28-Khomad Suharto, 16-Jefri Prasetyo, 18-Ryan Wahyu, 7-M.Sodiq, 34-Wirya Kumandra.

/Fahrizal Arnas