Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persibo Kokoh di Puncak Klasemen IPL

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Sabtu, 10 Maret 2012 | 18:18 WIB

0 atas Persebaya Surabaya di Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro, Sabtu (10/3) sore WIB. Gol tunggal Persibo diciptakan oleh Nur Iskandar.

Kedua tim memulai derby Jatim ini dengan penuh semangat dan permainan yang agresif. Persebaya mampu mendominasi penguasaan bola di awal pertandingan, tapi kurangnya keberanian untuk menyerang pertahanan tim tuan rumah membuat peluang mereka sangat minim dalam mengancam gawang Persibo yang dikawal Fauzi Toldo.

Kalah penguasaan bola dari tim tamu tak membuat Persibo terlihat tertekan. Tim tuan rumah justru lebih sering memanfaatkan serangan balik untuk membuat peluang mencetak gol. Bahkan Persibo akhirnya memecah kebuntuan saat pertandingan baru memasuki menit ke-13. Gol tim tuan rumah diciptakan oleh Nur Iskandar yang diawali dengan sedikit kemelut di depan gawang Persebaya.

Tertinggal satu gol tak membuat Persebaya menjadi lemah. Tim berjuluk Bajul Ijo itu justru memperketat lini tengah dan terus berusaha menekan pertahanan Persibo. Bahkan hingga babak kedua pun, Bajul Ijo terus menerus berusaha menekan dan mencari ruang tembak untuk menyamakan kedudukan.

Tekanan yang dilakukan Persebaya membuat para pemain tengah dan belakang tim tuan rumah bermain lebih keras untuk menghentikan Ryan Wahyu dkk. Beberapa kali tendangan bebas diberikan oleh wasit di depan kotak penalti Persibo lantaran para pemain tim tuan rumah harus menjatuhkan para pemain Persebaya yang berusaha menerobos masuk pertahanan mereka.

Pertahanan keras Persibo itu pun berhasil dengan baik menghalau Persebaya mencipakan peluang dan akhirnya tim tuan rumah memastikan tiga poin maksimal dengan kemenangan tipis 1-0. Tiga poin itu membuat Persibo kokoh di puncak klasemen dengan 20 poin dari 11 laga. Persibo sukses memperbesar jarak keunggulan mereka dari Semen Padang dan Persebaya yang membuntuti di posisi kedua dan ketiga.

****

Susunan pemain:

Persibo: 22-Fauzi Toldo, 5-Leke Anderson, 23-Aang Suparman, 26- Sigit Mieko, 44-Mekan Nasirov, 8-Aulia Tri H (17-Edy Sihombing, 46'), 16-Jajang Paliama, 20-Gustavo H. Ortiz, 11-Nur Iskandar (29-Syahroni, 80'), 9-Samsul Arief, 10-Jairon Feliciano (19-Wahyu Teguh, 60')

Cadangan: 1-Aditya Harlan, 30-Wahyudi Hidayat, 28-Munadi, 7-Bijhil Calwa