Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lanjutkan Tren Positif Everton Bungkam Spurs 1-0

By Husein Noval - Minggu, 11 Maret 2012 | 02:40 WIB
Nikica Jelavic (Getty Images)

0 dalam lanjutan Premier League di Goodison Park, Sabtu (10/3). Kemenangan ini melanjutkan tren positif The Toffes yang belum pernah kalah sejak 11 Januari 2012. Uniknya kekalahan terakhir Everton ketika itu terjadi di White Hart Lane, kandang Spurs pada pertemuan pertama kedua tim di Premier League musim ini.

Di babak pertama Everton menguasai permainan. Sebaliknya Spurs terlihat gugup dan kesulitan keluar dari tekanan tuan rumah.

Terus menggempur lini belakang Spurs, The Toffes akhirnya unggul di menit ke-22. Diawali pergerakan Leon Osman di sisi kiri, umpan terukur Osman langsung disambar sepakan keras kaki kanan Nikica Jelavic. Gol! 1-0 untuk tuam rumah. Bagi Jelavic ini adalah gol pertamanya untuk Everton sejak direkrut dari Glasgow Rangers di bursa transfer Januari silam.

Memasuki babak kedua situasinya berbalik. Spurs jauh lebih mendominasi permainan dibanding tuan rumah. Baru satu menit berjalan saja The Lilywhites sudah emperoleh peluang ketika sepakkan Jermaine Defoe diselamatkan Tim Howard. Spurs terus menyerang, namun pertahanan solid anak asuh David Moyes benar-benar sulit ditembus. Belum lagi penampilan hebat Howard di bawah mistar yang membuat Spurs makin frustasi.

Dalam pertandingan ini Spurs melepaskan 24 shots on goal dengan perincian 5 on target, 12 off target, 1 mengenai tiang, dan tujuh kali diblok pemain belakang. 10 menit terakhir permainan praktis menjadi milik tim tamu. Spurs punya peluang emas di masa injury time melalui Louis Saha. Sayang usaha mantan pemain Everton itu mash menerpa tiang gawang.

Hingga laga ini tuntas skor 1-0 untuk Everton tidak berubah. Kekalahan ini menjadi yang ketiga berturut-turut bagi anak asuh Harry Redknapp setelah dalam dua pekan sebelumnya menyerah 2-5 dari Arsenal dan 1-3 dari Manchester United.

Meski kalah namun Spurs masih bercongkol di peringkat tiga klasemen dengan 53 poin. Sementara kemenangan ini membawa Everton naik dari posisi 13 ke posisi 9 dengan poin 37.

***

Everton: Howard, Neville, Heitinga, Distin, Baines, Coleman (Jagielka 82') Osman, Fellaini, Drenthe (Rodwell 65') Cahill, Jelavic (Stracqualursi 78')

Tottenham: Friedel; Walker, Kaboul, King, Assou-Ekotto; Modric, Parker (Livermore 86') Sandro (van der Vaart 69') Bale; Adebayor (Saha 55') Defoe.