Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persiba Tak Mau Gagal Menang Lagi di Kandang

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Senin, 12 Maret 2012 | 13:17 WIB
Pelatih Persiba Bantul, M. Basri, berikan kepercayaan lebih kepada asistennya demi kebangkitan Persiba. (Dwi Ari Setyadi/Bolanews)

Persiba Bantul akan menjamu Persema Malang di Stadion Sultan Agung, Bantul (Senin (12/3) malam WIB. Kemenangan di laga kandang ini pun menjadi target mutlak bagi Persiba yang gagal meraih poin penuh di dua laga kandang terakhir.

Hasil mengecewakan didapatkan anak-anak asuh M. Basri di dua laga terakhir di kandang karena ditahan imbang Persiraja Banda Aceh dan PSMS Medan. Terakhir kali Persiba meraih hasil positif adalah ketika menjamu Persija pada Januari lalu, di mana tim tuan rumah menang tipis 1-0.

Kegagalan meraih poin penuh di dua laga kandang terakhir membuat Pelatih M. Basri memberi kesempatan lebih besar kepada asistennya, Sajuri Syahid, untuk terlibat bersama tim. Perubahan itu diharap bisa mengangkat kembali performa Persiba.

“Saatnya mengembalikan rekor kemenangan di kandang setelah gagal pada dua laga terakhir. Kami tidak boleh gagal lagi bila bermain di kandang sendiri. Kami harus bisa memaksimalkan peluang ini,” kata Sajuri.

Namun, tekad kuat Persiba itu masih harus diganjal oleh beberap masalah. Persiba harus kehilangan beberapa pemain pilarnya di laga ini. Kapten tim Wahyu Wijiastanto mengalami cedera pergelangan kaki, kiper utama Wahyu Tri Nugroho pun tak bisa turun karena cedera hamstring, gelandang asal Korea Selatan, Kim Yong-han juga cedera, dan bek Nopendi absen karena akumulasi kartu kuning.

Tak bisa menurunkan skuad terbaik di laga kandang ini membuat Sajuri benar-benar tak ingin timnya meremehkan Persema yang memiliki pemain yang cukup banyak dengan teknik individu yang baik.

“Beberapa pemain seperti Irfan dan Kim memiliki kualitas teknik individu yang bagus. Belum lagi para pemain yang sarat pengalaman seperti Bima Sakti. Kami harus mewaspadai mereka. Tapi saya yakin kami bisa meraih tiga poin,” ujarnya.

Prakiraan pemain Persiba Bantul (4-4-2):

3-Andi Setiawan, 10-Burhanuddin Nihe, 6-Ahmad Taufik, 4-Carlos Eduardo Bizarro, 3-Anwaruddin, 11-Slamet Nurcahyo, 23-Arwin, 23-Ezequiel Gonzales, 7-Busari, 19-Cornelis Kaimu, 18-Ugik Sugiyanto.

Cadangan: 21-Agus Marwanto, 8-Slamet Widodo, 24-Patrik Domal, 17-XYZ Roeroe, 26-M. Ansori, 8-Johan Manaji, 12-Emmanuel Cristori.

/Gonang Susatyo