Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liliyana Wujudkan Harapan Christian Hadinata

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 12 Maret 2012 | 16:10 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Miguel Median/AFP)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya berhasil menyudahi penantian panjang selama 33 tahun untuk menjuarai turnamen All England. Selain itu, mereka juga sukses mewujudkan harapan seniornya, Christian Hadinata, pebulutangkis terakhir yang keluar sebagai juara bersama Imelda Wiguna.

Tim Merah Putih harus menunggu selama sembilan tahun untuk kembali menempatkan wakilnya sebagai juara di ajang yang kini dihelat di Birmingham, Inggris. Pada 2003 silam pasangan ganda putra, candra Wijaya/Sigit Budiarto menjadi wakil terakhir yang sukses membawa trofi ini ke Tanah Air.

Sementara di nomor ganda campuran kali terakhir Merah Putih berhasil tampil sebagai juara di All England terjadi pada 1979 silam. Sekarang, melalui Tontowi/Liliyana Indonesia mengakhiri paceklik panjang gelar tersebut. Ini juga titel super series pertama bagi Indonesia sejak kategori ini dimulai pada 2011 lalu.

"Chistian Hadinata pernah mengatakan bahwa dia berharap saya dan Tontowi bisa membawa kembali gelar yang dia raih bersama Imelda Wiguna 33 tahun lalu. Kali ini, gelar itu bisa kembali, saya dan Tontowi senang sekali mampu memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Liliyana seperti dikutip dari PBSI.