Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque Tak Jamin Spanyol Kembali Juara

By Arnoldi - Senin, 12 Maret 2012 | 23:22 WIB
Vincente del Bosque (Getty Images)

Sebagai jawara bertahan, tim nasional Spanyol diunggulkan menjuarai EURO 2012 nanti. Walau demikian, entrenador La Furia Roja, Vincente del Bosque, tak mau terbawa arus anggapan khalayak ramai. Ia bahkan menyatakan kalau timnya belum tentu bisa kembali juara pada turnamen tahun ini.

Dasar pemikiran Del Busque cukup sederhana. Ia menilai perkembangan sepak bola pada masa sekarang ini sangatlah cepat. Ketika sebuah tim menjadi yang terbaik, pasti ada tim lain yang segera bisa menemukan kelemahannya dan mengalahkan tim terbaik tersebut.

"Sangat sulit untuk bisa menang di iklim sepak bola saat ini. Kami juga tidak boleh membiarkan diri kami berpikir kamilah yang terbaik karena itu akan membawa kami pada kegagalan," kata Del Bosque di Kicker.

Selain mendasari pemikirannya pada cepatnya perkembangan di dunia sepak bola, pelatih kelahiran Salamanca itu juga menganggap EURO adalah salah satu kompetisi yang ketat. Di EURO tim-tim seperti Jerman, Belanda, serta tim kuat lainnya berkumpul dan selalu sulit untuk bisa mengalahkan mereka.

"Setelah apa yang mereka tunjukkan di Piala Dunia, kekuatan Jerman dan Belanda pasti mengalami peningkatan yang signifikan. Di belakangnya, ada empat tim lain yang berpeluang menjuarai turnamen ini. Salah satunya Portugal, di mana ada Cristiano Ronaldo di dalamnya. Begitu juga Inggris, Prancis, dan Italia, yang telah menyusun ulang kekuatan mereka," simpul Del Bosque.

Spanyol sendiri akan tergabung di Grup C di EURO 2012 nanti. Di grup itu, La Roja akan berkompetisi dengan Italia, Kroasia, dan Republik Irlandia Utara untuk memperebutkan tiket lolos ke fase berikutnya.