Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cedera Paksa TJ Ford Pensiun

By Ade Jayadireja - Selasa, 13 Maret 2012 | 10:27 WIB
Terrance Jerod Ford (Getty Images)

Point guard kepunyaan San Antonio Spurs, Terrance Jerod Ford, akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu lantaran selalu dihantui masalah cedera punggung. Pemain kelahiran Texas itu pensiun di usia 28 tahun.

Sebenarnya Ford sudah divonis menderita penyempitan tulang belakang di tahun 2005. Namun, saat itu ia masih tetap bisa lanjut bermain.

Puncaknya terjadi pada 7 Maret lalu. Ketika Spurs berhadapan dengan New York Knicks, punggung Ford kembali mengalami cedera setelah terkena sikut pemain lawan, Baron Davis. Semenjak itu ia tidak turun lapangan lagi.

"Terima kasih kepada semua penggemar yang mengikuti karier saya sejak kecil. Basket adalah hal yang luar biasa bagi saya dan keluarga selama 28 tahun. Terhitung sejak hari ini saya resmi pensiun dari NBA," kata Ford melalui akun Twitter-nya, @tj_ford, Selasa (13/3) pagi WIB.

"Itu bukan pertama kalinya saya terbaring di lapangan dan tidak bisa bergerak sesuai keinginan. Saya pikir saya perlu keluar di saat masih punya kesempatan," sambungnya.

Ford mengawali karier NBA-nya bersama Milwaukee Bucks pada 2003. Di tahun perdananya, eks pemain KK Zagreb (Kroasia) itu dianugerahi Player of The Year oleh media olah raga Amerika bernama Sports Illustrated dan Sporting News. Setelah menghabiskan tiga musim di sana, barulah ia melanjutkan karier di Toronto Raptors, Indiana Pacers, dan akhirnya tiba di Spurs pada 2011.