Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bilbao Akhiri Kiprah United di Eropa

By Lilianto Apriadi - Jumat, 16 Maret 2012 | 03:03 WIB
Fernando Llorente (Getty Images)

1. Hasil ini membawa Bilbao lolos ke perempat final dengan aggregat 5-3.

Datang ke Spanyol dengan kekalahan 2-3 di kandang sendiri pada leg pertama membuat Setan Merah dalam tekanan. Maklum, untuk lolos anak asuh Sir Alex Ferguson butuh kemenangan minimal dua gol tanpa balas.

Layaknya partai leg pertama, dini hari ini Bilbao juga tampil lebih dominan dibanding United. Menit ke-14 tuan rumah mendapat peluang emas. Tendangan Iker Muniain menghantam tiang gawang, sayang bola muntah gagal dimaksimalkan dengan baik oleh Oscar De Marcos.

Kebuntuan Bilbao akhirnya terpecahkan di menit ke-23. Menerima umpan jarak jauh, tendangan first time Fernando Llorente memaksa David De Gea memungut bola dari gawangnya. 1-0 dan skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua dominasi Bilbao berlanjut. United yang butuh tiga gol untuk lolos justru lebih banyak tertekan. Terus menggempur Bilbao akhirnya menggandakan keunggulan di menit ke-65. Kali ini De Marcos tidak menyiakan peluang emas ketika menerima bola muntah di mulut gawang Setan Merah. 2-0!

Kedudukan 2-0 membuat peluang United untuk lolos hampir habis. Meski terus tertekan mereka akhirnya bisa mencuri gol di menit ke-80 melalui tendangan keras Wayne Rooney. Gol Rooney tak lebih dari sekedar hiburan. Hingga laga tuntas skor 2-1 untuk Bilbao tidak berubah.

****

Hasil lain:

PSV 1-1 Valencia* (Agg 3-5)

Udinese 2-1 AZ Alkmaar* (Agg 2-3)