Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Schalke Bidik Final Liga Europa

By Galih Rachdityo - Jumat, 16 Maret 2012 | 23:33 WIB
Horst Held

Hasil undian babak perempat final Liga Europa di Nyon, Swiss, Jum'at (16/3), menunjukkan kalau Schalke akan berhadapan dengan wakil dari Spanyol, Athletic Bilbao. Meski bukan lawan yang enteng, tapi direktur The Royal Blues, Horst Heldt, mengatakan kalau mereka berambisi untuk mencapai babak final Liga Europa.

Pada babak 16 Besar Liga Europa, Schalke sukses menyingkirkan Twente dari kompetisi ini, tapi The Royal Blues akan menghadapi tantangan dari skuad Marcelo Bielsa yang sanggup menyingkirkan Manchester United dari ajang yang dianggap sebagai kompetisi level dua di ranah sepak bola Eropa.

Meski akan menghadapi tantangan yang cukup sulit dari Bilbao, tapi Heldt tetap yakin kalau Schalke sanggup lolos hingga ke babak final yang akan diadakan di Arena Nationala, Bucharest, pada 9 Mei nanti.

"Hasil undian cukup berat, tapi kami memiliki ambisi yang sama seperti Bilbao, yaitu mencapai babak final," kata Heldt di laman resmi klub, schalke04.de. "Namun, untuk bisa memenuhi ambisi tersebut, kami harus bisa mengatasi perlawanan dari lawan-lawan kami yang semakin kuat dalam setiap putaran."

Sementara itu pelatih The Royal Blues, Huub Stevens, menyanggah kabar bahwa Schalke tidak beruntung karena menjalani laga leg pertama di Veltins-Arena.

"Mereka sudah dua kali mengalahkan Manchester United, dan hal itulah yang menggambarkan kekuatan yang dimiliki oleh Bilbao. Mereka sangat bagus ketika bermain secara kolektif," ujar Stevens.

"Faktanya bahwa kami harus bermain lebih dulu di laga kandang, tidak membuat perbedaan bagi saya. Keuntungan di laga kandang hanya berlaku jika permainan berlanjut ke babak perpanjangan waktu."