Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Milan Terus Jauhi Juve

By Arnoldi - Minggu, 18 Maret 2012 | 01:59 WIB
Zlatan Ibrahimovic (Getty Images)

0 di Stadion Ennio Tardini, Minggu (18/3) dini hari WIB.

Milan bermain dengan tempo lambat pada pertandingan ini. Mereka sangat hati-hati dalam menjaga penguasaaan bola. Itu mereka lakukan karena tekanan tim tuan rumah, Parma. Taktik itu memang membuat Milan seolah membiarkan Parma bebas mengembangkan permainan mereka. Namun, Milan bukan tanpa tujuan melakukan hal tersebut. 

Lewat serangan balik cepat, Il Diavolo berhasil beberapa kali mengancam gawang Parma. Bahkan salah satunya membuat lini pertahanan Parma melakukan kesalahan sehingga Milan mendapat hadiah penalti pada menit ke-17.

Penalti tersebut dihadiahkan Wasit pada milan karena Cristian Zaccardo melakukan handsball di kotak terlarang. Zlatan Ibrahimovic, yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Milan, yang kemudian bertahan hingga jeda pertandingan.

Di babak kedua Milan tetap tak merubah taktiknya. Massimiliano Allegri masih menginstruksikan agar anak asuhnya membiarkan Parma menekan. I Rossoneri tampak fokus dalam bertahan sambil menunggu kesempatan melancarkan serangan balik cepat.

Taktik itu kembali membuahkan hasil. Babak kedua baru berjalan tujuh menit, Milan berhasil menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0. Lewat serangan balik cepat, Urby Emanuelson berhasil mengecoh perangkap offside pemain bertahan sekaligus kiper Parma. Emanuelson pun kemudian dengan tenang menggelindingkan bola ke gawang yang kosong melompong.

Setelah gol Emanuelson, tak ada lagi peluang yang cukup berarti tercipta bagi kubu Milan. Pada akhirnya skor 2-0 untuk keunggulan Milan itu bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Kemenangan ini membuat Milan semakin kokoh di puncak dengan torehan 60 poin, unggul tujuh angka dari Juventus di posisi kedua, yang baru akan memainkan pertandingannya beberapa saat usai laga I Rossoneri.

Susunan Pemain:

Parma: 83-Antonio Mirante, 6-Alessandro Lucarelli, 2-Gabriel Paletta, 5-Cristian Zaccardo (24-Gianluca Musacci 26), 15-McDonald Mariga, 4-Stefano Morrone, 17-Jamie Valdes, 7-Jonathan Ludovic Biabiany (80-Francesco Biabiany 63), 2-Jonathan, 10-Sebastian Giovinco, 11-Sergio Floccari.

Milan: 32-Christian Abbiati, 33-Thiago Silva, 25-Daniele Bonera, 77-Luca Antonini, 19-Gianluca Zambrotta, 23-Massimo Ambrosini, 28-Urby Emanuelson (18-Alberto Aquilani 86), 14-Sulley Muntari (8-Gennaro Gatusso 90), 22-Antonio Nocerino, 92-Stephan El Shaarawy (21-Maxi Lopez 77), 11-Zlatan Ibrahimovic.