Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cavani Selamatkan Partenopei Dari Kekalahan

By Arnoldi - Senin, 19 Maret 2012 | 05:06 WIB
Edison Cavani (Getty Images)

2 dengan Udinese, Senin (19/3) dini hari WIB.

Lantaran pertandingan ini bisa menentukan siapa yang bakal menggeser Lazio di peringkat ketiga alias posisi terakhir di zona Liga Champion, Napoli tampil ngotot meraih kemenangan. Mereka dengan ganas melancarkan serangan sejak awal babak pertama.

Walau demikian, Udinese bisa dikatakan lebih efektif dalam menyelesaikan serangan mereka ketimbang Napoli. Buktinya tuan rumah unggul lebih dulu pada menit ke-28. Gol pembuka La Zebrette itu tercipta melalui sebuah umpan Diego Fabrini, yang kemudian dipotong dengan baik oleh Giampiero Pinzi dengan kaki kirinya di depan gawang Napoli.

Setelah gol Fabrini, Napoli mencoba merespon untuk menyamakan kedudukan. Namun, usaha mereka sia-sia karena terbentur lini pertahanan Udinese yang ketat dan ketangguhan Samir Handanovic di bawah mistar Si Zebra kecil. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Napoli mencoba langsung menekan. Udinese sempat kerepotan dan terpaksa harus melakukan beberapa pelanggaran. Namun, lagi-lagi Udinese membuktikan kalau mereka lebih tajam dalam memanfaatkan peluang dari tim tamu.

Pada menit ke-52, Antonio Di Natale melepaskan bola keras dengan kaki kanannya dari jarak agak jauh. Bola hasil sepakan Di Natale itu kemudian meluncur dengan deras ke gawang Morgan De Sanctis tanpa bisa dihentikannya.

Sempat merasa frustrasi, Napoli mendapat secercah harapan ketika Diego Fabrini mendapat kartu merah karena pelanggaran keras pada menit ke-60. Keunggulan jumlah pemain itu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh I Partenopei.

Napoli mulai bangkit dan berhasil memperkecil selisih gol mereka pada menit ke-80 setelah Maurizio Domizzi melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti Udinese. Cavani, yang menjadi penendang, dengan akurat melesakkan bola ke pojok gawang Udinese.

Lima menit berselang, Cavani kembali mencatatkan dirinya di papan skor sekaligus menyelamatkan Napoli dari kekalahan dengan sepakan akuratnya dari sudut sempit gawang Udiese memanfaatkan umpan dari Blerim Dzemaili. Skor imbang 2-2 itu kemudian bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Hasil imbang ini tentu melegaka bagi Napoli. Namun, karena hanya mendapat satu angka, mereka gagal menggeser Lazio dari urutan ke-3. Baik Udinese maupun Napoli kini sama-sama memiliki nilai 47, tertinggal 1 poin dari Lazio. Udinese di urutan ke-4, sementara Napoli menempel di urutan ke-5.

Susunan Pemain

Udinese: Samir Handanovic; Danilo, Maurizio Domizzi, Andrea Coda, Kwadwo Asamoah, Giampiero Pinzi, Michele Pazienza, Giovanni Pasquale, Roberto Pereyra (Joel Ekstrand 86'), Antonio Di Natale (Antonio Floro Flores 73'), Diego Fabbrini.

Napoli: Morgan De Sanctis; Paolo Cannavaro, Miguel Britos (Eduardo Vargas 64'), Hugo Armando Campagnaro, Gokhan Inler, Walter Gargano (Marek Hamsik 54'), Blerim Dzemaili, Andrea Dossena, Juan Zuniga, Edinson Cavani, Goran Pandev.