Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cruyff Ikut Puji Messi

By Arnoldi - Kamis, 22 Maret 2012 | 02:40 WIB
Lionel Messi (Getty Images)

rekannya, tapi juga dari salah satu legenda Barca, Johan Cruyff.

Pada pertandingan melawan Granada, Rabu (21/3) dini hari WIB, Messi mencetak rekor baru bersama Barca. Penyerang asal Argentina itu tak hanya membukukan hat-trick kedelapannya musim ini, tapi juga memecahkan rekor 232 gol Cesar Rodriguez, sosok yang selama ini menjadi top scorer Azulgranas sepanjang masa.

"Bagi dunia sepak bola, Messi adalah harta yang tak ternilai harganya karena ia menjadi panutan bagi anak-anak seantero jagad. Gaya bermain Barca, yang menyenangkan seluruh orang di dunia serta pelatih mereka yang luar biasa, adalah elemen penting. Messi mempunyai kualitas tersendiri dan dia cocok dengan tim tersebut," puji Cruyff di Mirror Football.

Messi mencetak gol pertamanya untuk Barca ketika umurnya baru 17 tahun. Sampai saat ini, menurut data yang dirilis salah satu media massa Spanyol, La Punga, julukan Messi, telah membukukan 189 gol dengan kaki kirinya, 34 gol dengan kaki kanannya, sembilan dengan kepalanya, dan masing-masing satu dengan bahu dan tangan kanannya.

"Di ruang setengah meter yang tersedia, dia bisa bergerak ke kiri atau ke kanan, bola seperti menempel ke badannya. Maradona juga seperti itu ketika masa jayanya, itu karena pusat gravitasi mereka rendah," pungkas pria yang juga menjadi legenda tim nasional Belanda itu menganalisis gaya permaianan Messi.