Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Deltras Kejutkan Segiri di 45 Menit Pertama

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Kamis, 22 Maret 2012 | 16:20 WIB
M. Fakhrudin, kejutkan publik Segiri dengan golnya di babak pertama. (Nurdiansah/Bolanews)

0 di babak pertama pertandingan Indonesia Super League (ISL) menghadapi Persisam Putra Samarinda, di Stadion Segiri Samarinda, Kamis (22/3) sore. Gol tunggal Deltras di 45 menit pertama itu diciptakan oleh M. Fakhrudin.

Tim tamu memang sejak awal berusaha tampil agresif dan menekan. M. Roby dkk. harus mati-matian menghadapi serangan-serangan yang dilakukan The Lobster yang membuka peluang emas melalui Qischil Gandrum pada menit ke-11. Sayang, Qischil gagal memaksimalkan peluang di depan gawang Persisam karena tembakannya masih tipis di sisi kanan gawang Agung Prasetyo.

Sebuah percobaan juga dilakukan M. Fakhrudin dalam mengancam gawang tim tuan rumah. Pada menit ke-28, pemain bernomor punggung 5 itu melepaskan sebuah tembakan jarak jauh yang hampir saja berbuah gol karena kiper Persisam, Agung Prasetyo, membuat kesalahan fatal saat mengantisipasi tembakannya. Beruntung bagi Agung, bola yang gagal ditangkapnya masih melayang tipis di atas mistar gawangnya.

Deltras memang memperlihatkan agresivitas penyerangan yang lebih baik. Berulang kali Amos Mara mendapatkan suplai bola dari lini tengah. Namun, ketatnya pertahanan Persisam pun belum bisa membuat Deltras berbuat banyak. Justru Persisam berusaha lepas dari tekanan pada menit ke-37 melalui pergerakan M. Roby. Pergerakan pemain bertahan Persisam itu ke depan gawang Deltras hampir saja membuahkan hasil. Sayang, tembakannya masih terlalu lemah dan bisa dihalau Wawan Hendrawan dengan baik.

Terus menerus tampil menekan, Deltras akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-38. Sebuah tembakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan M. Fakhrudin berhasil mengoyak jala gawang tim tuan rumah sekaligus memaksa publik Segiri untuk bungkam sementara waktu. Babak pertama pun berakhir 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

****

Susunan pemain:

Persisam: 25-Agung Prasetyo, 6-Isdiantono, 20-Luc Owana Zoa, 16-M. Roby, 21-Supriyono, 22-Srdjan Lopicic, 13-Akbar Rasyid, 8-Eka Ramdani, 5-Fandi Mochtar, 10-Cristian Gonzales, 14-Johan Yoga.

Cadangan: 2-Usman Pribadi, 26-Djayusman Triasdi, 15-Joko Sidik, 7-Arifki Eka Putra, 3-Tri Setyo Nugroho, 19-Fajar Legian, 23-Yongki Aribowo.

Deltras: 59-Wawan Hendrawan, 45-Waluyo, 4-Dodok Anang, 20-Mijo Dadic, 23-Beny Wahyudi, 18-Maulana Ahmad, 5-M. Fakhrudin, 10-Walter Brizuela, 8-Shin Hyun Joon, 16-Qischil Gandrum, 99-Amos Mara.

Cadangan: 50-Wahyudi, 28-Muhammadan, 3-wahyu Gunawan, 15-Khoirul Mashuda, 17-Indra Setiawan, 27-Sugiarto, 19-Muhammad Yusuf.