Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSM Incar Peluang Tembus Lima Besar

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Sabtu, 24 Maret 2012 | 14:09 WIB
Kwon Jun, kemungkinan akan dimajukan ke lini tengah untuk mengendalikan permainan. (Nurdiansah/Bolanews)

PSM Makassar menjamu Persijap Jepara di Stadion Andi Mattalatta, Sabtu (24/3), dengan tekad merebut tiga poin penuh. Klub berjuluk Juku Eja itu bertekad menembus posisi lima besar klasemen Indonesia Premier League (IPL) dengan kemenangan di hadapan suporternya.

PSM saat ini berada di posisi ketujuh dalam klasemen IPL dengan 13 poin dari 10 laga, jumlah yang sama persis dengan tim tamu, Persijap, yang mengekor tepat di posisi kedelapan. Kedua tim tersebut tentu mengharapkan poin penuh untuk bisa melesat ke papan atas klasemen.

Pelatih PSM, Petar Segrt, menegaskan bahwa timnya memiliki peluang untuk naik ke posisi lima besar dengan sebuah kemenangan di laga kali ini. Dengan tekad tak ingin membuang poin, Segrt yakin para pemainnya tak ingin memberi kekecewaan pada suporter yang akan hadir di stadion.

"Kami sudah banyak kehilangan poin. Kini, saatnya meraih tiga poin untuk mengintip peluang menembus lima besar. Saya juga yakin para pemain tak ingin mengecewakan suporternya," ujar Petar Segrt.

Ya, jika PSM bisa meraih tiga poin penuh di laga kali ini, dipastikan mereka akan menggeser posisi Persiraja Banda Aceh dan Persema Malang yang kini berada di posisi kelima dan keenam dengan raihan 14 poin. Namun, jalan PSM tak juga mudah. Kapten Andi Oddank dan Fandy Edy harus absen karena akumulasi kartu kuning sehingga Segrt dipastikan harus memutar otak demi meraih kemenangan.

Hal itu disiasati sang pelatih dengan memainkan Kwon Jun dan Rasul Zainuddin di sektor tengah. Posisi Kwon di lini belakang kemungkinan akan diisi oleh pemain baru yang merupakan mantan pemain Persiraja Banda Aceh, Alejandro Febre Santis. Namun, jika kondisi tak memadai, Segrt kemungkinan akan memainkan Kwon di posisi aslinya dan memasukkan Kurniawan di lini tengah.

"Saya tetap akan melihat perkembangan terakhir Febre. Kalau tidak memungkinkan, saya akan lebih memilih memainkan Kurniawan dan Kwon kembali jadi stoper," ungkap Segrt

Dengan tak maksimalnya skuad yang tersedia pada laga kali ini, Segrt yang berharap timnya meraih poin penuh di laga kali ini mengingatkan pasukannya agar tak memandang sebelah mata tim tamu yang kemungkinan bisa membuat kejutan di laga tandangnya kali ini.

"Saya justru mewaspadai kebangkitan Persijap. Terus terang materi pemain mereka justru lebih berpengalaman dibanding PSM yang mayoritas diisi pemain muda," katanya

/Abdi Satria