Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persela Dipaksa Persiwa Berbagi Poin

By Frengky Aruan - Minggu, 25 Maret 2012 | 17:24 WIB

2.

Persela yang mendapat dukungan dari para suporter setianya, LA Mania, sebenarnya tampil meyakinkan. Buktinya, Laskar Joko Tingkir itu langsung tampil menggebrak sejak peluit dimulainya laga di babak pertama dibunyikan.

Tapi naas, asyik menyerang Persela lupa mengokohkan lini belakang. Situasi itupun sukses dimanfaatkan oleh kubu tamu, Persiwa menjadi sebuah gol.

Gol untuk Persiwa lahir lewat sebuah skema serangan balik. Erick Weeks Lewis yang berlari menuju zona terdalam Persela pun sukses memanfaakan kegagalan sang rekan menguasai bola. Dengan cepat, bola yang lepas dari penguasaan sang rekan pun langsung disontek Erick menjadi gol pada menit keempat.

Beruntung gol di awal babak pertama itu tak menurunkan mental para punggawa Persela. Dengan semangat yang ada, Laskar Joko Tingkir pun terus melakukan tekanan terhadap tim tamu.

Pada menit ke-11, sebuah penalti didapat Persela sebagai buntut dari upaya yang dilakukan. Dengan tenang, Mario Costas yang maju sebagai algojo pun sukses menyarangkan bola ke gawang Persiwa. Skor berubah menjadi imbang 1-1.

Skor imbang itu tak bertahan, pasalnya Persela kembali sukses memanfaatkan sebuah handball yang membuat wasit kembali menunjuk titik putih pada menit ke-27. Costas yang kembali melakukan eksekusi pun membawa timnya balik unggul 2-1.

Situasi balik unggul itu tampak membuat semangat para punggawa Persela kian meninggi. Tapi apa daya, segala upaya yang dilakukan Persela untuk menambah keunggulan belum berhasil. Skor 2-1 pun tetap bertahan dan menutup laga di babak pertama.

Sementara itu, di babak kedua Persela tetap menunjukkan motivasi besarnya untuk memastikan kemenangan. Meski sesekali mendapat tekanan dari tim tamu, Persela terus berupaya keras untuk bisa menambah keunggulan.

Namun bukannya dihampiri keberuntungan, Persela justru kembali mendapat kejutan dari tim tamu. Ya, di tengah upaya keras yang ditunjukkan, Persela harus kembali kebobolan pada menit ke-69. Gol penyeimbang itu diciptakan Jaelaniu Arey dengan sambaran kerasnya dari luar kotak penalti Persela.

Berbekal gol itu, Persela coba membalas. Diselingi tekanan dan ancaman yang dilakukan Persiwa, Laskar Joko Tingkir terus berupaya untuk kembali membalikkan keunggulan. Tapi, hingga laga berakhir tak ada satupun gol tercipta. Skor 2-2 bertahan dan menutup laga.

Kendati membuat koleksi poinnya bertambah menjadi 26, Persela harus puas tetap berada di posisi keenam. Pun demikian dengan Persiwa yang tetap berada di tangga ketiga dengan koleksi 31 poin.