Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Persiwa, Arema Keluar Dari Dasar Klasemen

By Frengky Aruan - Kamis, 29 Maret 2012 | 17:28 WIB
Marcio Souza, sang pencetak gol kedua Arema. (Nurdiansah/Bolanews)

benar terjadi. Kepastian itu diperoleh setelah dalam laga kontra Persiwa Wamena yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (29/3), Arema mampu menundukkan sang tamu dengan skor tipis 2-1.

Atas hasil itu, Arema pun keluar dari dasar klasemen untuk duduk di posisi ke-17 dengan koleksi 14 poin. Hanya saja, mereka bisa saja kembali tergelincir ke posisi paling buncit apabila Persiram Raja Ampat mampu memetik kemenangan atas tamunya, Persiba Balikpapan, Jumat (30/3) besok.
 
Tapi, kalaupun itu terjadi, yang pasti Arema sudah berusaha semaksimal mungkin di laga terakhirnya. Buktinya, dengan semangat yang ada, mereka langsung tampil menggebrak saat melawan Persiwa.

Berbekal hal itupula, Arema akhirnya bisa mencipta gol ketika laga baru berusia lima menit. Gol lewat tandukkan Ferry Aman Saragih dengan memanfaatkan umpan dari sisi kiri pertahanan Persiwa itu membuat Arema unggul 1-0.

Di sisi lain, ketertinggalan itu sendiri membuat sang tamu, Persiwa tak puas dan coba merespon. Memulai dengan umpan dari kaki ke kaki, tim berjuluk Badai Pegunungan itupun terus berusaha mencari ruang kosong guna mencetak gol balasan.

Tapi apa mau dikata. Terus berupaya, Persiwa justru harus kembali kebobolan lewat gol yang terjadi melalui skema serangan balik yang dilakukan Arema itu.

Beruntungnya, gol yang dicipta Marcio Souza dengan memanfaatkan umpan datar dari sisi kiri pertahanan Persiwa itu belakangan dianulir wasit. Hal itu terjadi setelah sang hakim garis mengangkat bendera menandakan Marcio dalam posisi offside.

Nasib kurang baik itu sendiri akhirnya benar-benar menjadi kenyataan setelah Yesayas Desnam melakukan handball di kotak penalti sendiri.

Marcio yang maju sebagai eksekutor pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Bola hasil sepakan yang mengarah tepat dan menggetarkan gawang Persiwa untuk kedua kalinya membuat peluang Arema petik kemenangan kian besar.

Sebaliknya, berkat gol itu peluang Persiwa untuk kembali memetik kemenangan semakin menipis. Namun, biar begitu Yesayas cs. tetap tak berhenti. Pada menit ke-63, Persiwa pun akhirnya bisa mempertipis ketertinggalan lewat sebuah penyelesaian apik Boakay Eddy Foday.

Gol itu menjadi yang terakhir dan membuat laga berkesudahan dengan skor 2-1 untuk kemenangan Arema.