Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tiga Pemain ISL Dukung Rekonsiliasi

By Frengky Aruan - Kamis, 29 Maret 2012 | 19:43 WIB
Ponaryo Astaman (Peksi Cahyo/Bolanews)

langkah dalam proses rekonsiliasi sepak bola Indonesia yang dilakukan oleh PSSI.

Pemain Sriwijaya FC, Ponaryo Astaman, Robbie Gaspar dari Persib, dan striker Pelita Jaya, Greg Nwokolo, mendatangi kantor PSSI didampingi CEO APPI, Valentino Simanjuntak. Para pemain itu datang untuk mendukung rekonsiliasi yang tengah diupayakan oleh PSSI.

Valentino mengaku PSSI menerima mereka dengan baik. Bahkan mereka melihat sendiri memang ada langkah-langkah yang dilakukan federasi sepak bola Indonesia itu untuk melakukan rekonsiliasi.

"Saya bersama teman-teman dari APPI berkunjung ke sini. Di luar mereka pemain ISL atau bukan, mereka (PSSI) mau menerima kami," ujar Valentino Simanjuntak di kantor PSSI, Kamis (29/3).

"Setelah itu tidak ada yang ditutup-tutupi. Surat yang disampaikan Pak Djohar saat menyampaikan langkah rekonsiliasi pun disampaikan kepada kami juga. Memang sudah ada langkah-langkah untuk rekonsiliasi," lanjut CEO APPI itu.

APPI pun berharap semua pihak yang berseberangan dengan PSSI mau mencoba melihat dan mempelajari tawaran dari federasi sepak bola itu terkait rekonsiliasi. Menurut Valen, akan lebih baik jika semua dilihat dulu dan tidak langsung ditolak begitu saja.

"Jadi yang kami inginkan sekarang, cobalah perhatikan baik-baik apa yang disarankan. Jangan belum dilihat seperti apa tapi sudah langsung ditolak. Alangkah baiknya jika memang mau menyelamatkan sepak bola, lihat dan pelajari dulu apa yang ditawarkan. Kalau akhirnya itu ditolak apa alasannya, kalau diterima ya syukur alhamdulillah," ungkap Valen.

Ketika ditanya apakah ada komunikasi antara pemain yang hari ini datang ke kantor PSSI dengan klub ISL yang dibelanya, Presiden APPI yang juga pemain Sriwijaya FC, Ponaryo Astaman, hanya mengatakan ia tetap akan bersikap profesional dan yakin itu tak akan dipermasalahkan oleh klubnya.

"Ilustrasinya seperti ini, walau pun saya datang ke sini sekarang, jika besok Sriwijaya main, maka saya pasti akan bermain dengan maksimal. Menurut saya, selama saya bersikap profesional sebagai pemain, itu tidak akan menjadi masalah," ujar Ponaryo.