Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Banjir Gol, Dortmund Ditahan Stuttgart 4-4

By Husein Noval - Sabtu, 31 Maret 2012 | 04:09 WIB
Christian Gentner (Bundesliga.de)

4, Sabtu (31/3) dini hari WIB. Gol Christian Gentner di masa injury time menggagalkan kemenangan Dortmund yang sudah di depan mata.

Bermain di depan publiknya di Stadion Signal-Iduna-Park, sang juara bertahan tampil hebat di awal laga.

Baru enam menit mereka sudah menciptakan tiga peluang. Usaha Shinji Kagawa dan Kuba Blaszczykowski tak menemui sasaran, sementara usaha kedua Kagawa di menit ke-6 mampu digagalkan kiper Stuttgart, Sven Ulreich.

Terus menekan, Dortmund akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-33. Adalah Kagawa yang membuat publik tuan rumah bersorak ketika tendangan keras kaki kanannya dari jarak dekat sukses membawa Dortmund unggul 1-0 hingga turun minum.

Di babak kedua serangan Dortmund tak menggendur. Baru empat menit berjalan Kuba berhasil membawa Die Borussen menjauh 2-0.

Unggul dua gol membuat Dortmund mulai mengendurkan serangan, dan hal ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh sang tamu. Menit ke-71 Stuttgart akhirnya sukses memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 setelah sepakan kaki kanan Vedad Ibisevic gagal dibendung Roman Weidenfeller.

Gol ini menjadi awal petaka bagi Dortmund. Sebaliknya keberhasilan Ibisevic mencetak gol membauat Sttutgart makin percaya diri. Luar biasa, dalam tempo hanya delapan menit kemudian, Sttutgart justru mampu membalikkan kedudukan menjadi 3-2. Julain Schieber menjadi aktor utama setelah membuat dua gol pada menit ke-77 dan 79.

Dortmund yang terkejut coba untuk bangkit. Bombardir serangan yang mereka lakukan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-81 ketika Mats Hummels berhasil menjebol gawang Sttutgart memanfaatkan umpan Sebastian Kehl.

Tak puas dengan hasil imbang Dortmund terus menyerang demi memperoleh kemenangan. Usaha tak kenal lelah akhirnya membuahkan hasil di menit ke-87 melalui Ivan Perisic. 4-3 Dortmund berbalik unggul!

Sayang, kemenangan yang sudah di depan mata akhirnya sirna di masa injury time. Adalah Gentner yang menjadi pahlawan Sttutgart ketika tendangan kaki kirinya menghujam gawang Dortmund untuk membuat pertandingan menjadi imbang 4-4.

Hasil imbang ini patut disesali Dortmund. Meski masih menjadi pimpinan klasemen sementara dengan 63 poin, namun tambahan satu poin ini membuat Bayern Muenchen berpeluang memperkecil selisih poin dari Dortmund menjadi tinggal empat bila berhasil mengalahkan Nurnberg Sabtu ini.