Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vertonghen Bisa Melebihi Stam

By Lilianto Apriadi - Rabu, 4 April 2012 | 15:06 WIB
Ronald de Boer dan Jan Vertonghen. (Getty Images)

Pelatih tim muda Ajax Amsterdam, Ronald de Boer, yakin jika Jan Vertonghen punya potensi untuk menyamai Jaap Stam. Dengan kemampuannya itu, De Boer menyarankan Vertonghen untuk pindah ke Barcelona atau Real Madrid.

Setelah mengutarakan keinginannya untuk pindah, kapten Ajax ini ramai dikaitkan dengan beberapa klub besar Eropa seperti Arsenal, Tottenham, dan Juventus. Namun, menurut De Boer pemain berumur 24 tahun ini akan lebih cocok apabila bermain di La Liga.

"Vertonghen akan sangat cocok bermain di Real Madrid atau Bacelona. Dia sangat tenang saat menguasai bola dan tahu kapan waktu yang tepat untuk ikut maju ke lini tengah. Saya yakin 100 persen dia akan sukses di sana," ujar De Boer pada NUsport.

Pelatih berumur 41 tahun tersebut membandingkan Vertonghen dangan mantan punggawa lini belakang tim nasional Belanda, Jaap Stam. Pria yang menjadi bagian dari tim Ajax saat menjuarai Liga Champion musim 1994-1995 ini optimis anak didiknya tersebut bisa melampaui Stam.

"Dia punya apa yang diperlukan untuk menjadi sehebat Stam. Ambil contoh Vermaelen, selama bermain di Ajax, dia merupakan pemain yang hebat. Sekarang  dia dianggap sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di Premier League, tapi kemampuan Vertonghen melebihi Vermaelen," tutur saudara kembar Frank de Boer tersebut.