Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Allen Perlahan Mulai Tersingkir

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 7 April 2012 | 05:40 WIB
Ray Allen (Elsa/Getty Images)

86, Kamis (5/4), waktu setempat.    

Allen, saat ini berusia 36 tahun, sebelumnya absen selama dua minggu akibat cedera engkel. Selama dia beristirahat, pelatih Celtics, Doc Rivers, memainkan guard muda yang sedang naik daun, Avery Bradley. Namun, ketika ia kembali, Rivers tetap memainkan Bradley dan meninggalkan Allen di bench.

Hanya empat kali dalam 1.145 penampilan sejak Allen memulai karier di kompetisi NBA di mana dia tidak memulai laga sebagai starter. Hebatnya, mantan pemain Milwaukee Bucks dan Seattle SuperSonics itu menerima peran barunya dengan lapang dada. Dia bahkan bermain selama 31 menit dan memasukkan lima dari 10 tembakan untuk menghasilkan 14 poin.

"Semua orang membicarakan masalah ini. Kalau mau jujur, saya tidak ingin jadi cadangan. Namun, jika memang ini yang dibutuhkan tim, aku akan dengan senang hati melakukannya," ujar Allen kepada Boston Herald seperti dikutip dari Sports Illustrated.

"Ini hanyalah masalah ego. Saya bukan seseorang yang egois, selalu meminta jadi starter di setiap laga, dan mengorbankan kepentingan tim. Pada akhirnya menit bermain saya juga tidak banyak berubah," tambahnya.

Allen, pemegang rekor memasukkan tembakan tiga angka terbanyak di NBA, musim ini banyak menghabiskan waktunya untuk berjuang melawan cedera. Dia membukukan rata-rata 14,3 poin per pertandingan untuk membantu Celtics meraih rekor 30-24 dan berjuang memuncaki Divisi Atlantik serta meraih unggulan keempat babak playoff Wilayah Timur kompetisi NBA