Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wisnu Pastikan Tempat Indonesia di Final

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Minggu, 8 April 2012 | 20:55 WIB
Wisnu Adi Nugroho, pastikan Indonesia ke Final Grup II Asia/Oceania. (Topan Hermawan/Bolanews)

6 tiebreak 8-6, 6-4, 6-2.

Turunnya Wisnu Adi Nugroho di laga pamungkas Babak II Piala Davis Grup II Asia/Oceania di Stadion Tenis Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Minggu (8/4), terbilang cukup mengejutkan. Wisnu diturunkan dalam laga pamungkas di mana kedudukan antara Indonesia dan Thailand masih imbang 2-2.

Rasa gugup pun terlihat meliputi Wisnu yang harus menghadapi Kittipong Wachiramanowong yang di atas kertas lebih diunggulkan karena peringkat mereka yang cukup jauh. Namun, dengan semangat juang yang tinggi, Wisnu berhasil mencuri kemenangan di set pertama setelah bertarung sengit. Petenis muda Indonesia itu menutup set pertama dengan 7-6 tiebreak 8-6.

Kemenangan Wisnu di set pertama tampaknya cukup mempengaruhi kedua petenis yang tampil. Wisnu semakin terlihat cemerlang di set kedua, sementara Kittipong mulai sering melakukan kesalahan sendiri. Wisnu pun memastikan set kedua menjadi milik Indonesia dengan kemenangan 6-4.

Permainan Wisnu yang semakin baik dan didukung kesalahan yang berulang kali dilakukan Kittipong membuat Indonesia berada di atas angin. Bahkan Wisnu berhasil unggul jauh hingga 5-0 di set ketiga. Namun, pada game keenam set ketiga, Kittipong berhasil memperpanjang nafas. Bahkan petenis Thailand itu berhasil mencetak dua angka di set ketiga itu sebelum Wisnu menutup set tersebut dengan kemenangan 6-2 sekaligus memastikan kemenangan 3-2 yang diraih Indonesia atas Thailand.

Mengomentari kemenangan yang diraihnya atas Kittipong Wachiramanowong, Wisnu mengaku tak menyangka. Ia mengatakan bahwa sebelum pertandingan ia hanya ingin berjuang hingga akhir tanpa memikirkan menang atau kalah. "Saya agak grogi tadi, tapi saya hanya ingin berjuang sampai akhir. Tadi saya berpikir kalau akhirnya kalah yang penting saya sudah berjuang. Saya juga tak menyangka akhirnya justru bisa menang lawan Kittipong karena dia peringkatnya jauh di atas saya," ujar Wisnu saat konferensi pers usai pertandingan.

Kemenangan Wisnu itu melengkapi kemenangan yang diraih Christopher Rungkat di pertandingan pertama Minggu ini. Christo berhasil mengalahkan Danai Udomchoke dengan perjuangan panjang lima set, 6-3, 6-2, 0-6, 4-6, 6-1. Kemenangan Wisnu juga sekaligus memastikan langkah Indonesia melaju ke Final Grup II Asia/Oceania dengan skor 3-2 atas Thailand. Indonesia dipastikan akan menghadapi Filipina di Final Grup II Asia/Oceania, yang akan digelar di Manila pada 14-16 April 2012 mendatang.