Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Permalukan Tuan Rumah, AS ke Semifinal

By Eky Rieuwpassa - Minggu, 8 April 2012 | 21:10 WIB
John Isner (Getty Images)

Meski sempat diremehkan oleh Prancis, tim Piala Davis Amerika Serikat justru membuat kejutan. Dalam babak perempat final Piala Davis grup dunia yang berlangsung di Monte Carlo Country Club, Roquebrune, Prancis, AS berhasil mempermalukan tuan rumah sekaligus melaju ke semifinal.

AS memastikan satu jatah di babak empat besar setelah unggul 3-1 atas Prancis. Keberhasilan AS ke semifinal dipastikan setelah John Isner meraih kemenangan di pertandingan keempat.

Prancis unggul 1-0, setelah tunggal pertama, petenis terbaik Prancis, Jo-Wilfried Tsonga tidak menemui kesulitan berarti untuk mengalahkan petenis muda AS, Ryan Harrison dengan skor 7-5, 6-2, 2-6, 62. AS mampu menyamakan kedudukan 1-1 setelah John Isner mengalahkan Gilles Simon, 6-3,6-2, 7-5.

AS bahkan berbalik memimpin 2-1 setelah ganda Bob Bryan / Mike Bryan menang 6-4,6-4,7-6 atas    Michaël Llodra/Julien Benneteau. Tim Paman Sam akhirnya memastikan tiket ke semifinal setelah Isner menang atas Tsonga dengan skor 6-3, 7-6 (4) 5-7, 6-3 di partai keempat.

Pertandingan yang sudah tidak menentukan lagi mempertemukan Gilles Simon melawan Ryan Harrison. Di babak semifinal nanti, AS akan melawan Spanyol. Tim Matador mampu menyingkirkan Austria di perempat final.