Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

United Kokoh di Puncak Klasemen

By Arnoldi - Minggu, 8 April 2012 | 20:46 WIB
Wayne Rooney (Getty Images)

0 di Old Trafford, Minggu (8/4) malam WIB.

Tampil di depan publik sendiri, United bermain menekan sejak menit pertama. Dengan kualitas pemain di atas QPR, United pun tak kesulitan mengontol jalannya pertandingan. Mereka bahkan sukses menciptakan beberapa peluang pada sepuluh menit pertama.

Meski dominan, United baru bisa mencetak gol pada menit ke-15 hasil eksekusi Wayne Rooney dari titik putih. Penalti itu diberikan pada United lantaran Shaun Derry melanggar Ashley Young di kotak terlarang, yang juga berakibatkan kartu merah untuk Derry.

Penalti itu sendiri cukup memancing banyak kontrofersi. Pasalnya, dari siaran ulang, Young sudah berdiri pada posisi off-side ketika dilanggar Derry. Pelatih QPR, Mark Hughes, bahkan sempat bersitegang dengan asisten wasit di pinggir lapangan.

Dengan keunggulan jumlah pemain, United semakin dominan atas QPR. Si Setan Merah bahkan tak kesulitan mengurung tim tamu di area pertahanan mereka. Meski demikian, United tak bisa menambah gol mereka. Skor 1-0 untuk keunggulan United bertahan hingga jeda pertandingan.

Di babak kedua, United terus melanjutkan dominasinya. Silih berganti awak The Reds Devil melepaskan tembakan ke arah gawang QPR. Sayang tak ada satupun dari percobaan tersebut yang membuahkan hasil.

United baru bisa menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-68. Gol tersebut dicetak gelandang veteran United, Paul Scholes, dengan sepakan keras dari luar kotak penalti ke sudut kiri bawah gawang QPR. Skor berubah menjadi 2-0.

Selepas gol Scholes, Rooney dkk. terus melanjutkan serangan dan serangkaian tendangan percobaan dari luar kotak penalti QPR. Namun, Si Setan Merah gagal memperbesar keunggulannya karena usaha mereka sering membentur tiang atau meleset dari sasaran. Skor 2-0 untuk keunggulan United itu kemudian bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan kemenangan ini, United berhasil memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen dengan raihan 79 poin. United unggul delapan angka dari pesaing terdekat, Manchester City, yang baru memainkan pertandingannya beberapa saat setelahnya.

Susunan pemain
Man. United:
David De Gea; Rio Ferdinand, Jonathan Evans, Patrice Evra, Rafael (Phil Jones 74); Michael Carrick, Paul Scholes (Tom Cleverley 74'), Ashley Young (Ryan Giggs 62'), Antonio Valencia; Danny Welbeck, Wayne Rooney

QPR: Patrick Kenny; Clint Hill, Anton Ferdinand, Taye Taiwo, Nedum Onuoha; Samba Diakite (Shaun Wright-Phillips 71'), Shaun Derry, Akos Buzsaky, Adel Taarabt (Tommy Smith 71'), Jamie Mackie; Jay Bothroyd (DJ Campbell 81')