Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Enrico Castellacci Bocorkan Rahasia Kebugaran Juve

By Deny Adi Prabowo - Senin, 9 April 2012 | 15:11 WIB
Enrico Castellacci (Giuseppe Bellini/Getty Images)

Kepala staf tim medis timnas Italia, Enrico Castellacci membeberkan rahasia mengapa musim ini Juventus jauh dari badai cedera. Padahal dalam dua musim terakhir, para pemain La Vecchia Signora silih berganti naik meja operasi.

Pekan ini, sebuah studi menunjukkan skuad asal Torino tersebut berhasil mereduksi daftar cedera yang dialami para punggawanya. Sejak dinakhodai Antonio Conte di awal musim, rasio cedera pemain Juventus berkurang hingga 60 persen dibanding musim lalu. Persentase tersebut bertambah 20 persen lagi bila dibandingkan dua musim lalu. Jarang terkena cedera membuat skuad Bianconeri berimbas pada torehan Juve musim ini. Juventus kini bertengger di peringkat satu klasemen sementara Serie A.

"Sejak mengalami kemunduran fisik di periode musim dingin lalu, kebugaran para pemain Juve terus meningkat. Bahkan pada bulan April di mana stamina pemain kerap mengendur kini tidak terlihat lagi. Apa rahasianya? Tidak ada rahasia dibalik itu, Juve hanya menerapkan rasio latihan yang berimbang, penanaman visi para pemain dan beberapa kombinasi lainnya," jelas pria berkumis itu seperti dikutip dari Football Italia.

Resep Juventus dalam mempertahankan kebugaran pemainnya dituangkan Enrico Castellacci lewat artikelnya di La Gazzetta dello Sport. Pria 61 tahun itu menyebutkan sedikitnya ada enam faktor mengapa hingga kini skuad Juve jarang disentuh cedera dan selalu menampilkan penampilan ngotot.

Enam Faktor Kebugaran Juventus menurut Enrico Castellacci:

1. Faktor Conte- ia menyebutkan mantan allenatore Siena itu adalah pria yang sanggup mengobarkan semangat para anak asuhnya, imbasnya Alessandro Matri cs tetap bermain ngotot dan mendapat suntikan tambahan tenaga berupa energi moral.

2. Absennya Juventus di Liga Champion ditengarai Enrico membuat para pemain Si Nyonya Tua memiliki waktu istirahat yang cukup dibanding rival-rivalnya.

3. Pria berkacamata tersebut juga menyebut andil tim medis Juve dalam menahan gempuran badai cedera.

4. Rotasi yang berjalan sempurna- "Rotasi pemain yang dilakukan Conte sangat istimewa, hasilnya otot para pemain tidak terlalu diforsir."
5. Latihan Atletik - "Latihan atletik yang diterapkan Juventus turut memperhatikan kondisi psikologis dan karakteristik tiap pemain"
6. Area latihan Vinovo - "Vinovo salah satu fasilitas terbaik di Italia dan sangat ideal dalam menunjang kebugaran pemain"