Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

"Masa Depan Barcelona Suram'

By Husein Noval - Selasa, 10 April 2012 | 01:34 WIB
Barcelona (Futbolita)

Banyak pihak menilai akademi sepak bola Barcelona, La Massia sebagai yang terbaik di dunia saat ini. Namun itu tidak berlaku di mata direktur Federasi sepak bola Brasil (CBF), Andres Sanchez.

Sanches menyebut akademi sepak bola Blaugrana buruk. Ia bahkan berujar Barca tak akan lagi memenangi trofi dalam kurun lima hingga enam tahun kedapan.

Ya, meski banyak lulusan La Massia di skuad Pep Guardiola saat ini, namun menurutnya di masa depan Barca akan kehabisan stok pemain bintang. Dan saat sebagian besar anggota tim utama saat ini pensiun, Barca bakal babak belur.

"Mengenai sekolah sepak bola Barcelona, itu hanya omong kosong," ujar Sanchez kepada TV Gazeta. "Ini hanya sebuah fase dan akan berhenti."

"Apa yang akan mereka raih dalam lima atau enam tahun kedepan? tidak ada! karena Xavi, Iniesta, Messi, dan pemain lain akan pensiun atau mendekati masa pensiun."

Omongan Sanchez ini didasari pantauannya beberapa waktu lalu ketika menyambangi Spanyol. Sanches mengaku tak terkesan dengan penampilan tim muda Barca.

"Saya tak melihat tim U-17 mereka bermain seperti tim besutan Guardiola, mereka kalah 2-0 dari Corinthias U-17. Perbedaan mencolok adalah tim muda ini tidak wajib untuk menang," tuntasnya.