Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Malaga Rebut Posisi Tiga Klasemen dari Valencia

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 10 April 2012 | 05:06 WIB
Ruud van Nistelrooy (Jasper Juinen/Getty Images)

0 atas Racing Santander menjadi lompatan besar bagi klub asal Andalusia tersebut dengan mengudeta posisi tiga klasemen yang dihuni Los Che.

Pada jornada ke-30 dan ke-31 pasukan Kelelawar Mestalla harus berhadapan dengan dua lawan berat. Meski sanggup menampilkan performa bagus, mereka hanya mendulang dua dari enam poin atas Levante dan Real Madrid.

Sementara itu, raihan Malaga dalam dua pekan belakangan satu poin lebih baik atas Valencia. Buahnya, Tim besutan manuel Pellegrini sekarang berhak berada tepat di bawah Barcelona dan unggul satu poin atas Valencia. Saat ini, Malaga mengemas 50 poin, sedangkan Els Taronja 49 poin.

Kemenangan meyakinkan atas Santander didapat berkat tiga gol tanpa balas yang diciptakan Isco, Santi Cazorla, dan Ruud van Nistelrooy, Selasa (10/4) dini hari WIB. Kemenangan yang terkesan mudah itu tidak lepas timpangnya kekuatan Santander lantaran Francisco Jesus mendapat kartu merah saat pertandingan baru bergulir tiga menit.

Dia melakukan pelanggaran keras terhadap Rondon di dalam kotak terlarang yang berujung hadiah tendangan penalti bagi Malaga. Beruntung, Cazorla gagal menjalankan tugasnya dengan baik karena kiper Mario Fernandez berhasil menghalau bola.

Peluang kemenangan Malaga baru terbuka pada menit ke-22. Saat itu, Isco yang mendapat servis baik Nacho Monreal tidak menyia-nyiakan untuk menjadi gol dan memberikan keunggulan 1-0 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Unggul dalam jumlah pemain baru bisa dimanfaatkan lebih baik Los Boquerones di babak kedua. Sinyal kemenangan pun semakin terlihat jelad mulai menit ke-64. Pada menit itu Cazorla berhasil menggandakan keunggulan setelah menerima umpan Enzo Maresca. Tidak puas dengan kemenangan 2-0, Nistelrooy ikut menyumbang gol dengan tandukkan kepala enam menit sebelum waktu normal berakhir. Setelah itu, tidak ada perubahan lagi sehingga Malaga pun menyudahi pertandingan dengan kemenangan 3-0 di Stadion La Rosaleda.

*****
Susunan Pemain


Malaga: Idriss Kameni, Joris Mathijsen, Robson, Nacho Monreal, Jesus Gamez, Enzo Maresca, M. Demichelis, Isco, Santi Cazorla (Francisco Portillo 85), Rondon (Duda 75), S. Fernandez (Ruud van Nistelroy 60)

Racing Santander: Mario Fernandez (Dani Sotres 46), Bernardo Espinosa Zuniga, Marc Torrejon, Domingo, Francisco Jesus Perez Malia, Edu Bedia, Papa Kouly Diop, Julian Luque (Osmar 24), Kennedy Bakircioglu (Pedro Alvarez 65), Christian Stuani, Adrian Gonzalez