Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Terkait GP Bahrain, FOTA Percayakan FIA

By Galih Rachdityo - Rabu, 11 April 2012 | 16:46 WIB
Sirkuit Internasional Bahrain (Mark Thompson/Getty Images)

Asosiasi Tim Formula One (FOTA) mengeluarkan pernyataan yang secara jelas menyatakan bahwa para anggota mereka tidak memiliki wewenang untuk membatalkan ajang Grand Prix Bahrain.

Prinsipal tim-tim F1 mengkhawatirkan situasi keamanan di Bahrain sepanjang akhir pekan ini, dan mengatakan kalau tim-tim F1 berharap FIA menunda ajang GP Bahrain.

Sementara itu, bos F1, Bernie Ecclestonse merespon pernyataan para prinsipal F1 dan mengatakan tidak bisa memaksa tim-tim untuk ikut berlaga di Bahrain, tapi menegaskan kalau mereka akan melanggar perjanjian apabila tidak ikut serta berlaga di negeri teluk tersebut.

FOTA, yang menjadi perwakilan tujuh dari 12 tim yang berlaga di ajang F1, menjelaskan bahwa hanya pihak FIA saja yang bisa memutuskan nasib dari ajang balapan dan hal itu akan diikuti oleh rekomendasi dari badan pengatur olah raga ini.

"Akhir-akhir ini terdapat spekulasi yang beredar di media-media untuk mempengaruhi tim-tim agar membatalkan ajang Grand Prix Bahrain di tahun ini," ujar pernyataan FOTA seperti dikutip espnf1.

"Hal tersebut tidak dimungkinkan. Tim-tim tidak bisa membatalkan grand prix. Kami membalap dalam sebuah ajang internasional yang bernama FIA Formula One World Championship, dan untuk itulah FIA memberikan bimbingan terhadap isu-isu semacam itu."

Sementara itu, tim Lotus mengeluarkan pernyataan untuk menjauhkan mereka dari kutipan-kutipan yang menyasar para pegawai mereka seperti yang tertuang di dalam rilis Bahrain International Circuit (BIC).

Rilis tersebut dikeluarkan pada hari Selasa (10/4) sore waktu setempat, untuk merespon kabar-kabar negatif mengenai situasi keamanan di Bahrain, tapi Lotus mengatakan bahwa kutipan-kutipan dari para staf mereka bukan untuk konsumsi publik.

"Bahrain International Circuit (BIC) mengeluarkan rilis yang berisi kutipan dari tim kami untuk memberikan dukungan terselenggaranya ajang GP Bahrain," tulis pernyataan resmi Lotus. "Kutipan-kutipan tersebut sepenuhnya untuk internal dan dokumen-dokumen kerja yang dirahasiakan, yang juga dikirimkan dalam basis rahasia untuk seluruh manajer tim F1 pada pekan lalu."

"Tim F1 Lotus merupakan salah satu dari 12 kontestan untukk ajang kejuaraan dunia F1, dan kami tidak akan pernah mencoba menggantikan diri kami untuk Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), yang menjadi satu-satunya pihak yang bisa menentukan apakah sebuah ajang grand prix bisa dilangsungkan atau tidak, dan kami mendukung pernyataan FOTA yang dikeluarkan sebelumnya terkait dengan efek tersebut."