Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wasit Liga Inggris Terbaik di Eropa

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 11 April 2012 | 23:47 WIB
Roy Hodgson (Ian Walton/Getty Images)

Eks pelatih Liverpool yang kini menangani West Bromwich Albion, Roy Hodgson menilai standar kualitas wasit di Premier League merupakan yang terbaik di Eropa. Akan tetapi dia tidak menyanggah bahwa wasit akan tetap melakukan kesalahan seperti halnya yang juga dilakukan para pemain di lapangan hijau.

Dalam beberapa pekan belakangan banyak yang mengkritik kepemimpinan wasit. Bos Wigan Athletic, Roberto Martinez, dan manajer Queens Park Rangers, Mark Hughes, merupakan sebagian kecil yang menilai wasit telah mengambil keputusan salah. Akan tetapi, Hodgson merasa tidak adil membandingkan keputusan yang diambil wasit di lapangan dibandingkan dengan rekaman ulang dengan menggunakan teknologi gerakan lambat di televisi.

"Saya pikir standar wasit Liga Inggris mungkin yang terbaik di Eropa. Wasit memimpin permainan kami dengan sangat baik. Saya tidak pernah khawatir mengenai kepemimpinan wasit. Saya hanya fokus dengan performa tim," kata Hodgson seperti dikutip Yahoo Sport.

"Wasit tentu akan melakukan kesalahan, khususnya ketika anda menilai sebuah situasi sebanyak 100 kali dengan rekaman ulang. Wasit melakukan kesalahan, tapi para pemain juga melakukan hal yang sama."