Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ronaldo Hattrick, Madrid Jaga Jarak dari Barca

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 12 April 2012 | 05:26 WIB
Cristiano Ronaldo (tengah) (Jasper Juinen/Getty Images)

1 di laga derby kota Madrid melawan Atletico Madrid, Kamis (12/4) dini hari WIB. Tambahan tiga poin tersebut membuat Los Blancos tetap menjaga jarak empat poin di puncak klasemen sementara La Liga dari kejaran Barcelona.

Meski bermain di Stadion Vicente Calderon pasukan Jose Mourinho tetap mampu tampil superior atas Atletico. Buktinya, baru separuh perjalanan di babak pertama Ronaldo langsung memberi keunggulan bagi timnya pada menit ke-25. Gol tersebut dicetak CR7 dari eksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti Thibaut Courtis.

Tertinggal 0-1 memaksa Los Colchoneros untuk lebih agresif melakukan serangan. Alhasil, permainan terbuka diperlihatkan kedua tim, sejumlah peluang pun secara bergantian diperoleh keduanya. Sayangnya, hingga babak pertama berakhir tidak ada gol tambahan tercipta.

Di babak kedua tim tuan rumah yang terus bermain agresif akhirnya mendapatkan hasil pada menit ke-55. Umpan silang yang dilepaskan Adrian berujung di dalam gawang Iker Casillas setelah Radamel Falcao memenangi duel udara.

Tidak ingin mengakhiri pertandingan dengan hasil imbang Los Blancos pun meningkatkan tempo serangan. Beberapa kali percobaan para punggawa El Real untuk kembali unggul selalu gagal selama 10 menit setelah gol balasan Atletico.

Akan tetapi, pada menit ke-68 penampilan gemilang Ronaldo menjadikan Madrid kembali unggul 2-1. Gol keduanya ini tidak kalah cantik dengan gol pertamanya. Memanfaatkan umpan terobosan Xabi Alonso, dia langsung melepaskan tembakkan jarak jauh yang gagal diantisipasi Courtis.

Pada menit ke-70 Karim Benzema ditarik keluar dan digantikan Gonzalo Higuain. masuknya penyerang asal Argentina itu membawa berkah bagi Los Merengues. Pasalnya, pada menit ke-82 dia dijatuhkan di dalam kotak penalti Atletico sehingga memaksa wasit menunjuk titik putih.

Ronaldo yang mendapat kepercayaan untuk mengeksekusi tendangan penalti menjalankan tugasnya dengan baik. Tambahan gol tersebut menjadikan Madrid memperbesar peluang untuk mengakhiri laga dengan kemenangan dan Ronaldo pun mencetak hattrick.

Tidak puas dengan keunggulan 3-1 Madrid menambah keunggulan tiga menit sebelum waktu normal berakhir. Gol itu dicetak Jose Maria Callejon sekaligus menjadi gol penutup dan memberikan tambahan tiga poin bagi Madrid.

Kemenangan tersebut membuat El Real berhasil menjaga jarak dari kejaran Barca di papan klasemen sementara La Liga. Selisih kedua raksasa Liga Spanyol tersebut tetap empat poin karena Madrid kini mengemas 82 poin, sedangkan Barcelona 78 poin.

******
Susunan Pemain


Atletico Madrid: Thibaut Courtois; Diego Godin, Luis Perea, Filipe Kasmirski, Francisco Juanfran; Gabi, Tiago, Arda Turan, Adrian; Falcao, Diego

Real Madrid: Iker Casillas; Sergio Ramos, Pepe, Fabio Coentrao, Alvaro Arbeloa; Xabi Alonso, Sami Khedira, Cristiano Ronaldo, Angel Di Maria (Callejon 84'), Karim Benzema (Higuain 70'), Kaka (Ozil 46').