Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Schuster Sarankan Barca Pecat Pep

By Arnoldi - Kamis, 12 April 2012 | 16:50 WIB
Pep Guardiola (Getty Images)

Prestasi Pep Guardiola di Barcelona dalam tiga musim terakhir fantastis. Namun, bukan berarti ia bebas dari kritikan. Salah satu mantan pelatih Real Madrid, Bernd Schuster, menganggap Barca seharusnya memecat Pep karena komentarnya yang belakangan ini mengecilkan peluang Azulgranas menjuarai La Liga musim 2011/12.

Saran Schuster bukan tanpa alasan. Pelatih asal Jerman itu pernah didepak dari kursi kepelatihan Madrid pada 2008 karena komentar yang sama seperti yang sering dilontarkan Pep belakangan ini. Ketika itu Schuster berujar di media massa Spanyol kalau Madrid tak berpeluang menjuarai La Liga musim 2007/08 karena tertinggal cukup jauh dari Barca di peringkat pertama.

"Saya tidak bisa mengerti kenapa Barcelona tidak memecat Guardiola ketika ia mengatakan Azulgranas tak memiliki peluang menjuarai La Liga musim ini. Normalnya sebuah klub akan memecat pelatihnya jika ia melakukan hal itu," tutur Schuster di ESPN Star.

Jika melihat posisi Barca di klasemen sementara, bisa dikatakan peluang Lionel Messi cs. menjuarai la Liga musim ini belum habis. Dengan selisih empat poin, Barca bisa saja mendongkel Madrid dari puncak klasemen di enam laga yang tersisa musim ini, apalagi mereka masih akan menghadapi seteru abadinya itu 21 April nanti. Meski demikian, harus diakui peluang Barca untuk juara sangat kecil, terutama jika Los Blancos sukses memenangi laga yang tersisa meski kalah di duel El Clasico.