Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tanpa Tiga Pilar, Persija Ubah Formasi

By Frengky Aruan - Jumat, 13 April 2012 | 22:22 WIB
Pedro Javier Velasques, terpaksa absen di laga kontra PSMS. (Nurdiansah/Bolanews)

Persija Jakarta akan membuka putaran kedua kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2011/12 dengan menjamu PSMS Medan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/4). Melawan Ayam Kinantan, Macan Kemayoran tak diperkuat oleh beberapa pilar pentingnya.

Pedro Javier Velasques contohnya. Striker asal Paraguay terpaksa harus absen lantaran terkena akumulasi kartu kuning. Pun demikian dengan Rachmat Affandi.

"Absennya Pedro dan Fandi jelas akan sedikit memengaruhi penampilan kita," kata Iwan Setiawan, Pelatih Persija, Jumat (13/4).

Selain kedua nama itu, Persija kemungkinan besar juga tidak akan diperkuat oleh Oktavianus. Berbeda dibanding Pedro dan Affandi, Oktavianus belum dapat diturunkan dikarenakan masih dalam pemulihan cedera hamstring.

Untuk mengakalinya, Iwan Setiawan, Pelatih Persija sendiri telah memanggil Rudi Setiawan dan Delton Stevano, dua pemain yang belakangan memperkuat Persija U-21. Tak hanya itu, Iwan juga mengaku akan mengubah pola permainan Persija.

"Kita akan coba beberapa formasi baru. Target saya yang utama adalah setiap pemain mampu menampilkan permainan bagus karena jika pemain bermain bagus dan enjoy, kita akan berhasil," ucap Iwan.

Kendati tak membeberkan formasi yang akan dipakai, namun Iwan membenarkan di dalam formasi baru tersebut kemungkinan besar ia menurunkan Jeong Kwang Sik, gelandang asal Korea Selatan yang baru direkrut manajemen Persija.

"Kehadirannya diharapkan bisa mengisi tempat yang ditinggalkan Pedro. Sementara untuk Oktavianus, kemungkinan saya akan menurunkan Leo Saputra," terang Iwan.

"Semoga dengan formasi baru itu, besok kita bisa menang, karena kemarin di Medan pun kita bisa memimpin meski akhirnya seri," sambungnya.