Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nominasi Rookie, Pelatih, Tim Terbaik NBL

By Eky Rieuwpassa - Jumat, 13 April 2012 | 23:00 WIB
Arki Dikania Wisnu, salah satu kandidat MVP. (Nurdiansah/Bolanews)

Selain gelar MVP, PT DBL Indonesia juga akan mengumumkan 11 penghargaan lain berdasarkan pencapaian pemain dan pelatih, plus penghargaan ekstra Best Management untuk tim. Sama seperti MVP, seluruh award ini juga didasarkan pada penampilan sepanjang regular season.

Dalam menentukan siapa yang menerima award, ada sejumlah formula yang sudah disiapkan. Kecuali untuk Best Management yang diberikan secara khusus menurut penilaian penyelenggara. Berikut adalah formula dalam menentukan mereka yang meraih award-award spesial tersebut.

Rookie of the Year
Pemilihan Rookie of the Year didasarkan pada kombinasi penilaian pelatih di setiap pertandingan dan perhitungan statistik. Rookie of the Year adalah pemain dengan akumulasi nilai tertinggi, dan diberlakukan kepada pemain yang belum pernah berlaga di NBL Indonesia maupun liga profesional sebelumnya.

Coach of the Year
Gelar untuk pelatih terbaik musim reguler ini dipilih langsung oleh seluruh pemain yang terdaftar di musim reguler 2011-2012, dengan catatan bahwa pemain tidak dapat memilih pelatih dari timnya sendiri.

Defensive Player of the Year
Yaitu pemain dengan permainan defensive terbaik selama musim reguler. Penilaian diberikan oleh semua pelatih di musim reguler 2011-2012 kepada pemain yang dianggap terbaik dalam hal defense. Pelatih tidak dapat memilih pemain dari tim sendiri.

Sixth Man of the Year
Penghargaan ini diberikan kepada pemain cadangan terbaik selama musim reguler 2011-20112. Pemain yang dinominasikan adalah mereka yang tidak pernah menjadi starter lebih dari tujuh kali dalam semusim. Penilaian diberikan oleh seluruh pelatih, dan pelatih tidak boleh memilih pemain dari tim sendiri.

Sportsmanship Award
Penghargaan ini diperuntukkan bagi pemain yang dianggap bertindak paling sportif sepanjang musim reguler 2011-2012. Dipilih oleh seluruh pemain yang terdaftar di Flexi NBL Indonesia 2011-2012. Pemain tidak boleh memilih rekan setim sendiri.

First Team
Tim berisikan lima pemain dengan performa yang dinilai terbaik sepanjang musim reguler 2011-2012. Berisikan dua guard, dua forward, dan satu orang center. Pemilihan First Team menggunakan formula yang sama dengan pemilihan MVP.

Top Score, Top Rebound, Top Assist, Top Block, dan Top Steal
Penghargaan-penghargaan ini diberikan kepada mereka yang memiliki rata-rata statistik tertinggi di musim reguler 2011-2012. Top Score diberikan kepada pemain dengan poin rata-rata tertinggi. Top Rebound diberikan pada pemain dengan rebound rata-rata tertinggi. Begitu pula untuk Top Assist, Top Block, dan Top Steal.

NBL Indonesia 2011-2012 Championship Series diselenggarakan pada 21 hingga 29 April 2012 di GOR UNY Jogjakarta. Babak perebutan juara ini juga dimeriahkan oleh laga-laga penutup Jawa Pos For Her Women’s National Basketball League (WNBL) Indonesia.

***

10 Kandidat Most Valuable Player (MVP):
1. Arki Dikania Wisnu – Satria Muda Britama Jakarta (Guard)
2. Yanuar Dwi Priasmoro – Bimasakti Nikko Steel Malang (Guard)
3. Merio Ferdiansyah – Stadium Jakarta (Guard)
4. Faisal Julius Achmad – Satria Muda Britama Jakarta (Guard)
5. Bima Risky Ardiansyah – Bimasakti Nikko Steel Malang (Forward)
6. Pringgo Regowo – Dell Aspac Jakarta (Forward)
7. Ary Sapto – Muba Hangtuah IM Sumsel (Forward)
8. Galank Gunawan – Satria Muda Britama Jakarta (Forward)
9. Dian Heryadi – Muba Hangtuah IM Sumsel (Center)
10. Christian Ronaldo Sitepu – Satria Muda Britama Jakarta (Center)