Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tambah Tiga Poin dari Gijon, Madrid Amankan Posisi

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 15 April 2012 | 03:41 WIB
Karim Benzema (kiri) (Getty Images)

1 berkat gol yang dilesakkan Gonzalo Higuain, Cristiano Ronaldo, dan Karim Benzema.

Untuk tetap menjaga jarak empat poin dari Barcelona, Mourinho tampak cukup percaya diri dengan tidak menurunkan kekuatan terbaiknya di babak pertama. Keputusan tersebut nyaris saja menjadi kesalahan lantaran tim tamu mampu menahan imbang 1-1 Los Blancos.

Parahnya, gawang Iker Casillas lebih dulu kebobolan pada menit ke-30. Itu terjadi setelah wasit menganggap Sergio Ramos telah melakukan handball di dalam kotak penalti.

Miguel de las Cuevas yang masju sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan sempurna. Dia mampu mengecoh Casillas dengan melakukan tendangan keras ke tangah gawang.

Akan tetapi, berkat dominasi penuh Madrid langsung meningkatkan tempo serangan agar dapat menciptakan gol balasan. Upaya mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-33 setelah umpan silang Ramos dimanfaatkan dengan baik oleh tandukkan Higuain.

Di babak kedua Mourinho terlihat tidak ingin mengambil resiko besar dan langsung memperbaiki komposisi pemainnya dengan memasukkan Karim Benzema dan Angel Di Maria. Keduanya, masuk menggantikan Nuri Sahin dan Jose Maria Callejon.

Masuknya dua pemain tersebut menambah agresifitas serangan Los Merengues di awal babak kedua. Mereka pun memaksa Gijon hanya bermain setengah lapangan. Pada menit ke-74 upaya keras Madrid akhirnya membuahkan hasil. Umpan silang sepakkan Mesut Ozil memanjakan Ronaldo yang langsung menanduk bola ke gawang Juan Pablo yang gagal diantisipasi.

Madrid terus menekan usai mengubag kedudukan menjadi 2-1. Tekanan yang datang tanpa henti membuat Arouna Kone cs. kerap malakukan pelanggaran. Puncaknya, Roberto Canella harus meninggalkan lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua.

Kalah jumlah pemain membuat Gijon semakin sulit bisa mencetak gol. Benteng pertahanan mereka justru bertambah lemah karena Madrid bisa kembali menambah cetakkan gol. Pada menit ke-82 Benzema yang terlepas dari kawalan kembali mengubah angka di papan skor menjadi 3-1. Los Merengues pun menyudahi pertandingan dengan kemasan tiga poin di tangan. Itu berarti apapun hasil pertandingan antara Levante dan Barcelona tidak mempengaruhi keadaan di puncak klasemen sementara La Liga dan dua tim teratas tetap berjarak empat poin dengan syarat Lionel Messi cs. mempu mengalahkan Levante di Stadion Ciudad de Valencia.

Susunan pemain:

Real Madrid: 1-Iker Casillas, 4-Sergio Ramos, 3-Pepe, 12-Marcelo, 17-Alvaro Arbeloa, 5-Nuri Sahin (22-Angel Di Maria 46), 6-Sami Khedira, 7-Cristiano Ronaldo, 21-Jose Maria Callejon (9-Karim Benzema 46), 20-Gonzalo Higuain (11-Esteban Granero 75), 10-Mesut Ozil.

Sporting Gijon: 1-Juan Pablo Colinas, 14-Ivan Soto (22-Ricardinho 46), 35-Moises Garcia Rosas, 2-Alberto Botia, 15-Roberto Canella, 17-Damian Suarez. 33-Alejandro Galvez, 11-Alberto Ramos, 20-Miguel de las Cuevas (18-Adrian Colunga 67), 24-Oscar Trejo, 19-Gaston Sangoy (3-Andre Castro 57).