Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Menang, Messi Samai Cetakkan Gol Ronaldo

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 15 April 2012 | 05:29 WIB
Levante vs Barcelona (David Ramos/Getty Images)

pundi gol yang dikemas pemain terbaik dunia itu pun sekarang menjadi 41 gol atau sama dengan jumlah gol bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Demi terus menghidupkan peluang untuk mempertahankan gelar La Liga musim ini Barcelona harus terus konsisten dalam memperoleh kemenangan. Akan tetapi, pada pekan ke-33 Messi dkk. berhadapan dengan lawan berat, Levante, sedangkan pesaing utama mereka hanya menghadapi tim papan bawah, Sprting Gijon.

El Real sudah lebih dulu memetik poin absolut saat menjamu Gijon di Santiago Bernabeu. Kemenangan tersebut tentu menyudutkan Barca ke dalam satu pilihan, yaitu menang di kandang tim yang sekarang menempati posisi kelima klasemen sementara La Liga.

Tim tuan rumah yang mendapatkan dukungan penuh dari para suporter sempat menyulitkan pasukan Pep Guardiola di babak pertama. Buktinya, selama 45 menit pertama berlangsung tim tuan rumah berhasil unggul 1-0 atas tamunya.

Keunggulan Levante tersebut terjadi pada menit ke-23 saat Jose Barkero membobol gawang Victor Valdes dari titik 12 pas. Hadiah penalti yang diberikan wasit itu merupakan buah dari handball yang dilakukan Sergio Busquet di dalam kotak terlarang.

Tidak ingin mengakhiri pertandingan dengan kekalahan, Guardiola melakukan sedikit perubahan strategi di babak kedua. Pelatih itu memasukkan Isaac Cuenca dan Andres Iniesta untuk menggantikan Xavi Hernandez serta Pedro Rodriguez.

Tenaga baru ditambah dominasi penuh El Barca membuat Barca akhirnya mampu mencetak gol balasan pada menit ke-64. Gol yang mengubah angka di papan skor menjadi 1-1 tersebut dilesakkan Messi dari dalam kotak penalti setelah melakukan kerjasama dengan Cuenca dan Alexis Sanchez.

Tidak ingin jarak dengan Madrid kembali melebar Barcelona sama sekali tidak mengurangi agresifitas untuk terus menekan tim tuan rumah. Masuknya Cuenca di babak kedua menjadi keputusan brilian bagi Guardiola.

Pasalnya, berkat Cuenca Blaugrana akhirnya sanggup menyudahi pertandingan dengan kemenangan. Pada menit ke-71 wasit menganggap seorang pemain Levante telah melakukan pelanggaran dengan menjatuhkan Cuenca di dalam kotak terlarang. Meski ada protes keras dari sejumlah pemain Levante, wasit tetap memutuskan hal tersebut adalah sebuah pelanggaran dan Barca pun mendapatkan hadiah tendangan penalti.

Messi yang maju sebagai eksekutor tampak tidak kesulitan untuk menaklukkan kiper Gustavo Munua pada menit ke-73. Gol tersebut menjadikan Messi kini bersaing ketat dengan Ronaldo untuk memenangi titel sebagai pencetak gol terbanyak musim ini.

Kedua pemain bintang Barca dan Madrid itu sekrang mengemas 41 gol karena CR7 hanya mampu mencetak satu gol saat melakoni laga kontra Gijon. Armada Camp Nou sekarang tetap berjarak empat poin dari Los Blancos dengan kemasan 81 poin, sedangkan Madrid 85 poin di puncak klasemen sementara La Liga.

*****
Susunan Pemain


Levante: 1-Gustavo Munua; 22-Gustavo Cabral, 18-Sergio Ballesteros, 12-Juanfran, 19-Pedro López; 14-Xavi Torres, 10-Vicente Iborra de la Fuente, 11-Pedro, 23-Valdo; 2-Arouna Koné, 7-Jose Barkero.

Barcelona: 1-Victor Valdés; 14-Javier Mascherano, 21-Adriano, 5-Carles Puyol; 16-Sergio Busquets, 6-Xavi (Isaac Cuenca 45), 11-Thiago, 4-Cesc Fábregas; 10-Lionel Messi, 17-Pedro (Iniesta 54), 9-Alexis Sánchez (Alves76).