Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Guangzhou Evergrande Bantah Datangkan Lippi

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 19 April 2012 | 16:27 WIB
Marcello Lippi (Claudio Villa/Getty Images)

Klub kaya raya Cina, Guangzhou Evergrande, membantah kabar yang menyatakan bahwa Marcello Lippi sudah sepakat menandatangani kontrak bernilai miliaran dollar untuk menangani klub tersebut, hanya sepekan setelah eks pelatih timnas Italia itu melontarkan bantahan terhadap kabar tersebut.

Beberapa media di Cina, mengutip pernyataan dari media-media Italia yang mengatakan Lippi tergoda untuk menangani klub daratan Cina tersebut karena kontrak yang bernilai besar.

"Kabar yang mengaitkan tentangnya (Lippi) hanyalah rumor belaka," kata pemilik Evergrande, Xu Jiayin, pada kantor berita Xinhua.

Sementara itu, surat kabar The China Daily, Kamis (19/4) waktu setempat, mengklaim bahwa Lippi sudah menandatangani kontrak bernilai 13 juta dolar atau berkisar 119 miliar rupiah.

Sedangkan Presiden Evergrande, Liu Yongzhuo, tetap memberikan keyakinannya pada pelatih saat ini, Lee Jang-Soo, pelatih asal Korea Selatan yang membawa Evergrande menjuarai kompetisi Liga Super Cina musim lalu untuk kali pertamanya, tapi tetap tidak menyanggah ingin menggaet Lippi.

"Tidak ada pergerakan untuk mendatangkan Lippi dalam waktu dekat. Rumor-rumor beredar sejak Juli tahun lalu, dan sampai saat ini hanyalah spekulasi belaka tanpa adanya bukti," ujar Liu seperti dikutip Xinhua.

Lippi, yang pernah menangani klub-klub top Serie A seperti Juventus dan Internazionale, mengatakan di awal April ini: "Tidak ada peluang sama sekali untuk Guangzhou. Tidak ada kebenaran sama sekali dari cerita-cerita tersebut. Peluangnya hanya nol persen jika memang benar."