Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tingkatkan Keamanan, Monako Ubah Lintasan Balap

By Galih Rachdityo - Jumat, 20 April 2012 | 13:29 WIB
Lintasan Balap GP Monako. (Autosport)

Penyelenggara Grand Prix Monako mengumumkan beberapa perubahan yang mereka buat di sepanjang lintasan balap jalan raya Monte Carlo, yang bertujuan untuk meningkatkan faktor keamanan.

Perubahan terbesar dilakukan disekitar area chicane, tepat setelah pintu keluar lorong, di mana Sergio Perez mengalami gegar otak setelah menabrak pagar pembatas dengan cukup keras pada sesi kualifikasi di musim balap tahun lalu.

Permukaan lintasan balap disekitar chicane kini sudah diratakan, setelah penelitian laser dari permukaan jalan mengungkapkan adanya perubahan tinggi sampai dengan 20cm di lintasan balap pada area pengereman. Sebagai tambahan, tembok pembatas yang ditabrak Perez juga sudah dimundurkan sejauh 14,6 meter.

Beberapa perubahan signifikan juga dilakukan sekitar pintu keluar pit, yang kini di perlebar dan juga diluruskan dengan memindahkan beberapa pohon sehingga membuat mobil bisa langsung menuju ke lintasan balap dengan kecepatan yang lebih tinggi dari biasanya.

Perubahan-perubahan lainnya termasuk permukaan tinggi yang dipergunakan Paul Richard untuk keluar dari lintasan balap, dan penghalang ban yang digantikan dengan penghalang TecPro, seperti yang ditabrak oleh Perez, di St Devote dan juga seksi kolam renang.

"Keselamatan menjadi perhatian penuh dari penyelenggara Grand Prix Monako," ujar pernyataan resmi dari Automobile Club de Monaco, seperti dikutip Autosport. "Beberapa perubahan yang dilakukan di atas, bertujuan untuk menjaga keselamatan para pebalap dan juga penonton, serta untuk melanjutkan keinginan untuk memperbarui sirkuit."