Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ada Kemungkinan Emery Didepak Akhir Musim Ini

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 21 April 2012 | 01:13 WIB
Unai Emery (David Ramos/Getty Images)

Ketidakstabilan performa Valencia musim ini mengancam posisi Unai Emery yang menduduki jabatan sebagai pelatih. Surat kabar Spanyol, AS, mengklaim dia akan meninggalkan klub tersebut akhir musim ini.

Paruh pertama musim ini Valencia sebenarnya tampil cukup memuaskan. Akan tetapi, begitu memasuki akhir tahun 2011 mereka mulai kehilangan konsistensi yang terus berlanjut di awal tahun 2012 hingga sekarang.

Untungnya, posisi mereka di papan klasemen La Liga masih terbilang bagus. Saat ini, Los Che masih menempati urutan ketiga klasemen sementara meski ditempel ketat dua pesaing di bawahnya. Mereka tidak unggul lebih dari tiga poin di depan Malaga dan Levante yang terus memberikan ancaman.

Hasil tidak memuaskan kembali diperlihatkan Roberto Soldado cs. dalam dua laga terakhir mereka di La Liga dan Liga Europa. Setelah dipermalukan Espanyol 0-4, mereka kembali menuai kekalahan dari Atletico Madrid di leg pertama semifinal kompetisi kelas dua benua biru.

Jika ketidakkonsistenan tersebut terus berlanjut, bukan tidak mungkin Valencia keluar dari persaingan papan atas La Liga di lima sisa laga musim ini. Selain itu, mereka juga terancam benar-benar tersingkir dari Liga Europa usai mampu melaju hingga semifinal. Jadi, cukup masuk akal dan beralasan seandainya akhir musim ini Valencia memilih opsi untuk mengganti posisi yang sekarang diisi Emery, karena dia orang yang paling bertanggung jawab atas performa tim.