Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

United Dapat Hasil Seri Secara Tragis

By Andi Yanianto - Minggu, 22 April 2012 | 21:05 WIB
Para pemain Manchester United. (Getty Images)

1 atas Everton, Si Setan Merah malah harus puas dengan hasil imbang 4-4 di Old Trafford, Minggu (22/4).

Demi menjaga jarak mereka dari kejaran Manchester City di tempat kedua, Manchester United bermain menekan sejak menit pertama. Wayne Rooney cs. menyerang Everton bertubi-tubi. Namun, ketatnya lini pertahanan Everton membuat United kesulitan mencetak gol.

Saat tak bisa mencetak gol, United malah dikejutkan oleh gol Everton pada menit ke-33. Berawal dari umpan silang Tony Hibbert dari sisi kanan, Nikica Jelavic, yang berdiri bebas di depan gawang United, langsung menyundul bola ke arah tiang jauh. David De Gea terkecoh dan terpaksa memungut bola dari dalam gawangnya.

Untungnya The Red Devils bisa langsung membalasnya delapan menit berselang. Gol penyama kedudukan itu dicetak Wayne Rooney dengan tandukan di depan gawang Everton menyambut umpan tarik Nani dari sayap kiri. Skor 1-1 itupun bertahan hingga jeda.

Tak ingin pertandingan berakhir dengan skor imbang, United mengintensifkan serangannya di babak kedua.Hasilnya United berhasil berbalik unggul berkat dua gol yang masing-masing diciptakan Danny Welbeck dan Nani pada menit ke-57 dan menit ke-60.

Gol Welbeck dicetaknya melalui tendangan keras ke sudut kiri atas gawang Howard memanfaatkan bola yang gagal dibuang pemain-pemain Everton. Sedangkan Nani membukukan gol setelah men-chip bola melewati Tim Howard memanfaatkan bola hasil kerja sama satu dua dengan Michael Carrick dan Welbeck.

Everton kembali mengejutkan United lewat gol Marouan Fellaini pada menit ke-66. Dari sektor sayap kiri pertahanan United, Hibbert melepaskan umpan silang yang kemudian disambar Fellaini dengan tendangan voli ke gawang De Gea.

United memang bisa kembali menjauh berkat gol Rooney pada menit ke-69. Berawal kerja sama satu dua dengan Welbeck, Rooney berhasil menggelontorkan bola ke gawang Everton. Skor berubah menjadi 4-2 untuk keunggulan United. Sayang, keunggulan United itu tak bertahan lama. Di akhir-akhir pertandingan, tepatnya pada menit ke-83 dan menit ke-84, Everton berhasil menyamakan kedudukan berkat gol Jelavic dan Pienaar.

Gol Jelavic dicetaknya dengan tembakan jarak dekat memanfaatkan bola yang tidak diantisipasi sempurna oleh barisan belakang tuan rumah. Sedangkan Pienaar membukukan golnya dengan sebuah tendangan dari tengah kotak penalti memanfaatkan umpan Fellaini. Skor imbang 4-4 itu akhirnya bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Hasil imbang ini sendiri tak mengubah posisi United di puncak klasemen Premier League dengan raihan 83 poin atau unggul enam poin dari City di peringkat kedua. Namun, Si Setan Merah kini berada dalam jangkauan City karena selisih poin itu bisa terpangkas menjadi tiga karena The Citizens masih menyimpan satu laga lagi.

Susunan pemain
Manchester United: De Gea, Rafael, Evans, Ferdinand, Evra, Valencia (Chicharito ), Carrick, Scholes (Jones ), Nani, Rooney, Welbeck

Everton: Howard, Hibbert, Jagielka, Heitinga, Distin (Cahill ), Osman (McFadden ), Neville, Fellaini, Gibson, Pienaar, Jelavic