Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bolongnya Pertahanan Jadi Sebab Persija Kalah

By Andi Yanianto - Minggu, 22 April 2012 | 21:41 WIB
Indonesian Super League (ISL)

0.

Di dalam laga itu, Persija tampak tak seperti biasanya. Dengan kepercayaan yang cukup tinggi usai menaklukkan PSAP Sigli dengan skor 5-1, mereka justru lebih banyak mendapat tekanan dari Persegres Gresik.

Situasi itu pun belakangan membuat Persija harus kebobolan dua gol di babak kedua. Kedua gol yang masing-masing diciptakan oleh Gaston Castano pada menit ke-54 melalui titik putih dan Rachmat Rivai dua menit sebelum waktu normal berakhir, membuat niat Persija untuk meraih poin gagal terjadi.

Berbicara soal pertandingan tersebut, Iwan Setiawan, pelatih Persija, mengaku tak terlalu kecewa. "Jujur saja, kami memang kalah tapi saya puas. Pertandingan hari ini juga berjalan jujur. Ini yang sering kami keluhkan di sepak bola Indonesia."

"Bukan bermaksud mencari alasan, tapi musim ini kami memang kekurangan full back. Absennya Ismed, ditambah sakitnya Hasim Kipuw pagi tadi secara mendadak menjadi masalah buat kami, kami terpaksa bermain dengan dua full back saja."

Situasi itulah, menurut Iwan, membuat skemanya tak berjalan sesuasi rencana. "Rudi Setiawan yang biasanya sebagai winger, hari ini terpaksa diturunkan sebagai gelandang," jelas Iwan.

"Kami keterbatasan pemain. Kita kalah di lini tengah. Sebenarnya formasi 4-4-2 yang tadi kami pakai sangat berbeda. Saya agak terlena karena kemaren di home bisa menang, saya coba skema sama tapi ternyata tidak berhasil."