Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI akan Tanggung Denda Aji

By Ade Jayadireja - Senin, 23 April 2012 | 16:54 WIB
Aji Santoso (Peksi Cahyo/ Bolanews)

Lantaran mengumpat di laga yang mempertemukan Indonesia melawan Bahrain di babak Kualifikasi Piala Dunia 2014, akhir Februari lalu, Aji Santoso, mantan pelatih timnas senior, mendapat sejumlah sanksi dari FIFA. Salah satunya, eks pelatih Persebaya itu didenda sebesar 6000 Franc Swiss atau sekitar 60 juta rupiah.

Mengenai denda tersebut, PSSI sendiri mengaku akan bertanggung jawab. "PSSI akan menanggung denda itu. Saat itu Aji kan bertugas sebagai pelatih dari PSSI, maka kita akan bertanggung jawab," kata Finantha Rudy, Direktur Legal PSSI. "Kapan akan dibayarkan? Kita masih akan menunggu surat lanjutan dari FIFA."

Selain didenda, umpatan yang ditujukan kepada perangkat pertandingan di laga Bahrain melawan Indonesia di Manama, juga membuat Aji dihukum dengan larangan mendampingi timnas di empat pertandingan.

"Larangan itu sendir mungkin baru berlaku saat Kualifikasi Piala Asia U-22. Di awal-awal kualifikasi itu mungkin ia tidak bisa memperkuat timnas," terang Rudy. "Kalau di laga melawan Inter Milan, ia masih bisa mendampingi timnas, karena itu pertandingan tidak resmi."