Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Aldo-Shohe Hindarkan Persiba dari Kekalahan

By Frengky Aruan - Jumat, 27 April 2012 | 17:45 WIB
Shohe Matsunaga, golnya buat Persiba terhindar dari kekalahan. (Erly Bahtiar/Bolanews)

Persiba Balikpapan boleh bernapas lega. Ketertinggalan dua gol dari tamunya Persija Jakarta di laga yang digelar di Stadion Persiba, Balikpapan, Jumat (27/4), akhirnya bisa disamakan oleh Aldo Baretto dan Shohe Matsunaga di penghujung laga. Dengan hasil itu, Persiba pun terhindar dari kekalahan.

Bermain di kandang sendiri dan di hadapan suporternya membuat Persiba sendiri memulai laga dengan sangat nyaman. Hasrat besar membalas kekalahan 0-4 di pertemuan pertama pun langsung ditunjukkan.

Hasilnya, tiga peluang menghampiri tim berjuluk Beruang Madu itu di awal babak pertama. Namun sayang, tak ada satupun gol yang tercipta di laga yang sempat diguyur hujan.

Pada menit keenam, sepakan Kenji Adachihara dengan memanfaatkan umpan Hery Susilo masih melebar, sedangkan percobaan Ahmad Sembiring Usman pada menit kedelapan hanya mengantarkan bola melayang di atas mistar gawang Persija. Pun demikian dengan tandukkan yang dilakukan Aldo Baretto, dua menit berselang.

Meski begitu, Persiba tak berhenti. Upaya lanjutan terus dilakukan guna mengamankan tiga poin di kandang.

Tapi, keberuntungan belum berpihak. Yang lebih menyakitkan, tim kebanggaan kota Balikpapan itu justru harus kebobolan pada menit ke-17. Gol yang diciptakan Pedro Javier dengan memanfaatkan umpan Robertino Pugliara itu pun membuat Persiba tertinggal 0-1.

Beruntung ketertinggalan itu tak mematahkan semangat para punggawa Persiba. Dengan berbagai cara dan skema, mereka tetap menunjukkan hasratnya untuk memenangkan laga.

Tapi apa mau dikata, sepakan jarak jauh yang dilesakan Ahmad Sembiring dan tandukkan yang dilakukan Rahmat Latief di sisa laga tak juga menemui hasil. Hingga peluit berakhirnya laga di babak pertama dibunyikan, Beruang Madu harus puas berada dalam posisi tertinggal.

Gagal mencetak gol balasan, Persiba coba memanfaatkan 45 menit di babak kedua. Namun, bukannya mencetak gol balasan, gawang Aldo cs. justru kembali bergetar. Sebuah tusukan yang dilakukan Robertino pada menit ke-53 yang berujung gol pun membuat asa Beruang Madu balaskan dendam kian pudar.

Namun, Persiba tak patah. Dengan semangat tiada henti itu pula akhirnya Beruang Madu bisa memperkecil ketertinggalan lewat gol yang diciptakan Aldo dari titik putih pada menit ke-90.

Tak sampai di situ. Dua menit berselang, Persiba bahkan bisa mencetak gol tambahan. Gol yang dicetak oleh Shohe Matsunaga itu pun membuat Persiba terhindar dari kekalahan.

Meski tidak bisa membalaskan dendamnya, hasil ini membuat Persiba naik satu tingkat ke posisi kelima. Menggeser Persela yang terpaksa turun ke tangga keenam. Sementara itu, hasil ini membuat Persija harus puas tetap berada di tempat keempat dengan poin 34.