Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persipura Menang, Persib Lanjutkan Tren Negatif

By Frengky Aruan - Minggu, 29 April 2012 | 17:35 WIB
Alberto 'Beto' Goncalves Da Costa, golnya benamkan ambisi Persib raih kemenangan. (Nurdiansah/Bolanews)

Persipura Jayapura menuai hasil bagus di lanjutan Indonesia Super League (ISL) musim 2011/12. Bertandang ke Stadion Siliwangi, Bandung, Minggu (29/4), tim berjuluk Mutiara Hitam itu sukses menundukkan sang tuan rumah, Persib Bandung.

Sejak laga dimulai, Persipura yang memiliki kualitas permainan, bermain cukup percaya diri. Dengan modal itu, tim Mutiara Hitam mampu mendominasi jalannya pertandingan dan memberi ancaman ke gawang sang tuan rumah. Seperti contoh pada menit ke-15, di mana sebuah skema serangan Persipura nyaris membuahkan hasil. Namun sayang, bola hasil sepakan Ortizan Solossa masih bisa ditepis Cecep Supriyatna, kiper Persib.

Namun, kemudahan Persipura menekan tim tuan rumah tak berlangsung lama. Persib yang bermain tanpa Marcio Souza akhirnya mampu memberi perlawanan. Pada menit ke-21, Maung Bandung lewat Miljan Radovic bahkan mampu memberi sebuah ancaman ke gawang Persipura. Pun demikian pada menit ke-24 lewat kaki Aliyudin. Sayang, dua upaya tersebut belum membuahkan hasil.

Meski begitu, Persib tak berhenti. Kepercayaan yang kian meninggi membuat mereka terus menekan Persipura. Tapi lagi-lagi upaya mereka, salah satunya lewat tendangan terarah Aliyudin pada menit ke-40 belum menemui hasil. Bola yang mengarah ke sisi kiri gawang Persipura masih bisa dibuang Yoo Jae Hoon, kiper Persipura. Hingga laga berakhir kedua tim pun harus puas bermain imbang tanpa gol.

Tak ubahnya seperti di babak pertama, Persipura langsung mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua. Lewat sebuah tendangan penalti usai M. Nasuha melakukan handball, Persipura akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-55. Gol yang tercipta dari sepakan Alberto 'Beto' Goncalves itu pun membawa Persipura memimpin 1-0.

Hadirnya gol itu sendiri membuat Persipura di atas angin. Dengan semangat yang kian meninggi, mereka terus melakukan tekanan guna mencetak gol tambahan. Namun sayang, sejumlah upaya tak membuahkan hasil. Yang lebih pahit, di tengah upaya yang terus digencarkan, Persipura justru harus kehilangan pemainnya pada menit ke-76. Bio Paulin, bek yang mempunyai peran penting di sektor belakang mendapat kartu kuning kedua dan harus keluar.

Sejak saat itu pula, permainan Persipura berubah. Sebaliknya, Persib yang berada dalam posisi tertinggal, bangkit dan lebih banyak melakukan tekanan. Beruntung bagi Persipura, tak ada satu pun gol yang bisa diciptakan para pejuang Maung Bandung hingga laga berakhir. Persipura pun petik tiga poin di kandang Persib.

Dengan hasil itu, Persipura kembali menyamakan jumlah poinnya dengan sang pemuncak klasemen Sriwijaya FC. Sementara itu, hasil ini membuat Persib harus duduk manis di tangga kesembilan.

Susunan Pemain

Persib: 32-Cecep Supriyatna (GK), 6-Abanda Herman, 5-Maman Abdulrahman (C), 3-Zulkifli Syukur, 2-M.Nasuha (Budiawan 81'), 16-Tony Sucipto (Robbie Gaspar 66'), 7-Atep, 50-Miljan Radovic, 14-Hendra Ridwan (M.Ilham 53'), 15-Aliyudin, 12-Noh Alam Shah

Cadangan: 1-Jandry Pitoy (GK), 4-Wildansyah, 13-M.Agung Pribadi, 11-Robbie Gaspar, 20-Budiawan, 17-M.Ilham, 29-Sigit Hermawan

Persipura: 1-Yoo Jae Hoon (GK), 32-Victor Pae, 26-Ortizan Solossa, 45-Bio Paulin (Kartu Merah 76'), 21-Tinus Pae, 4-Ricardo Salampessy, 13-Ian Louis Kabes (Choi Dong Soo 61'), 15-Gerald Pangkali (C), 11-Imanuel Wanggai (Daniel Tata 86'), 10-Zah Rahan Karangar, 9-Alberto Goncalves Da Costa (Lukas Mandowen 84')

Cadangan: 20-Ferdiansyah, 36- Petrus Jeremia Asmuruf, 16-Daniel Tata, 6-David Laly, 43-Marko Markus Kabiay, 8-Choi Dong Soo, 33-Lukas Mandowen