Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persisam Sukses Balas Kekalahan di Derby Mahakam I

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 29 April 2012 | 20:47 WIB

0.

Sejak peluit babak pertama berbunyi, Persisam yang berstatus sebagai tim tamu, mengawali laga dengan cukup meyakinkan. Mengandalkan permainan cepat, Pesut Mahakam bahkan bisa langsung mendominasi jalannya pertandingan dan sesekali memberi ancaman ke gawang Mitra Kukar.

Namun, dominasi itu tak bertahan lama. Mitra Kukar yang tampil tanpa gereget di awal babak pertama mampu bangkit dan memberi perlawanan yang cukup ketat kepada Persisam. Di interval menit ke-10 sampai menit ke-20, tim berjuluk Naga Mekes itu bahkan bisa membuat dua ancaman, masing-masing lewat kaki Gustave Bahoken pada menit ke-11 dan Dirga Lasut, enam menit berselang.

Beruntung buat Persisam, kedua upaya itu gagal membuahkan hasil. Bola sepakan Bahoken di depan mulut gawang Persisam, dengan memanfaatkan umpan Ahmad Bustomi, masih melayang di atas mistar, sementara itu bola sepakan Dirga Lasut dari jarak yang cukup jauh masih bisa diamankan Agung Prasetyo, kiper Persisam.

Meski begitu Mitra Kukar tak behenti. Hasilnya kendati jual-beli serangan tak dapat dielakkan, Mitra Kukar bisa menciptakan dua peluang di penghujung laga. Akan tetapi, lagi-lagi dua peluang yang didapatkan Jajang Mulyana belum berbuah manis. Pada menit ke-42 sepakan Jajang masih tipis di atas mistar gawang Persisam. Sementara itu, pada menit ke-44 bola sepakan eks striker Pelita Jaya itu masih bisa diselamatkan Agung.

Tak sampai di situ, Jajang juga gagal menyelesaikan kesempatan yang dimilikinya pada menit ke-70. Sebuah sepakan yang dilakukan striker bertubuh besar itu tak terarah. Bola melayang di atas mistar gawang Persisam.

Situasi itu sendiri membuat sang pelatih, Stefan Hansson tampak kurang puas. Untuk menambah daya gedor, eks pelatih timnas Myanmar U-23 itu pun melakukan pergantian pada menit ke-81, dengan memasukan striker untuk menggantikan peran Zulham Zamrun.

Namun, masuknya Anindito Wahyu Erminarno tak membawa dampak berarti. Naga Mekes justru lebih banyak mendapatkan tekanan dari tim tamu. Puncaknya Mitra Kukar pun harus kebobolan di menit ke-84. Gol yang dicetak Kim Dong Chan, dengan memanfaatkan bola sodoran Christian Gonzales itu sendiri bertahan dan menutup laga untuk kemenangan Persisam.

Berkat hasil itu, Persisam akhirnya bisa membalas kekalahan 1-2 di derby Mahakam jilid pertama, sekaligus mengangkat posisi mereka ke tempat ke-11 dengan perolehan poin 26, menggeser PSMS yang harus turun ke tangga ke-12. Sementara itu, Mitra Kukar harus puas tetap berada di peringkat ketujuh dengan 30 poin.