Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ricky Yacobi dan Nur Alim Dukung Perkembangan SSB

By Matias Purwanto - Minggu, 29 April 2012 | 21:05 WIB
Turnamen MUPC antara Persigawa dan ASIOP-Apacinti (Arief Bagus/BOLA)

Dua mantan punggawa tim nasional Indonesia, Ricky Yacobi dan Nur Alim menanggapi perkembangan sepak bola usia muda di Indonesia. Menurut mereka, PSSI harus dapat memberi wadah agar pemain muda Indonesia berkembang.

"Pembinaan usia muda di Indonesia sedang menjamur dan peminatnya banyak. Terbukti dengan banyaknya SSB di Indonesia. Semoga PSSI lewat Pengprov dan Pengcab dapat memberi dukungan agar pemain muda berkembang,'' ujar mantan pemain Arseto Solo tersebut saat ditemui Bolanews di Lapangan C, Senayan, Minggu (30/4) sore.

Ketika ditanya perbandingan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura tentang pembinaan sepak bola usia muda, menurutnya Indonesia belum dapat dibandingkan dengan dua negara tersebut karena beberapa aspek. Namun, ia mengklaim peminat pembinaan usia muda di Indonesia sangat besar.

"Tidak bisa kita bandingkan dengan Malaysia dan Singapura, mereka sudah sejahtera. Di Indonesia kita tidak dapat menutup mata. Masih banyak orang tua yang belum mampu secara ekonomi. Hal itu akan berpengaruh terhadap gizi pemain muda."

Tapi, jika diliat dari peminat perkembangan SBB, kita bisa dibilang yang terbanyak di Asia. Tinggal memikirkan bagaimana cara untuk membuat event yang dapat mengembangkan potensi anak muda Indonesia'' tambahnya.

Senada dengan Ricky, Nur Alim juga menyampaikan hal yang serupa saat ditemui di tempat yang sama. Ia juga berharap ada pemerataan di daerah.

"Hampir di seluruh Indonesia banyak sekali SSB. Di daerah banyak sekali pemain berpotensi. Semoga PSSI bisa menyediakan kompetisi yang berkualitas di daerah,'' ujar mantan bek timnas Indonesia tersebut.