Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Udinese Perketat Persaingan Zona Liga Champion

By Arnoldi - Senin, 30 April 2012 | 03:56 WIB
Antonio Di Natale (Getty Images)

0 di Stadion Friuli, Senin (30/4) dini hari WIB. Kini selain Napoli, Internazionale, serta Lazio di posisi tiga, lima dan enam, Udinese di peringkat keempat juga memiliki jumlah poin 55.

Bermain di depan pendukung sendiri, Udinese tampil menekan sejak menit pertama. Akibatnya mereka tak hanya menguasai jalannya pertandingan, tapi juga unggul jumlah peluang. Walau demikian, Udinese tetap kesulitan mencetak gol karena ketatnya lini pertahanan Lazio. Akhirnya skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Di ababak kedua, Udinese mencoba meningkatkan intensitas serangan mereka. Usaha itupun membuahkan hasil. Tepatnya menit ke-69 Antonio Di Natale memecah kebuntuan lewat gol yang dicetaknya dengan menyambar umpan silang Maurizio Domizzi.

Selepas gol Di Natale, Udinese terus berusaha menekan demi menciptakan gol kedua. Namun,  baru pada menit ke-90 Udinese bisa menggandakan keunggulan. Ketika itu pemain-pemain Lazio lengah karena mengira pertandingan telah usai akibat peluit yang ditiupkan penonton. Keadaan itu dimanfaatkan Roberto Maximiliano Pereyra dengan melepaskan tendangan keras dari tengah lapangan ke gawang kosong yang telah ditinggalkan Federico Marchetti. Gol! Skor pun berubah menjadi 2-0, yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Gol itu sempat diprotes pemain-pemain Lazio. Bahkan sempat terjadi kerusuhan di pinggir lapangan, yang sampai-sampai salah satu pemain Lazio, André Dias, dikartu merah karenanya. Namun, protes itu tak ditanggapi wasit.

Kemenangan ini membuat Udinese meroket ke peringkat keempat dengan raihan 55 poin. Sedangkan Lazio harus rela turun peringkat ke urutan keenam meski mereka mempunyai poin yang sama dengan Udinese.

Susunan pemain:

Udinese: Samir Handanovic, Danilo, Maurizio Domizzi, Mehdi Benatia, Kwadwo Asamoah, Almen Abdi (Roberto Maximiliano Pereyra 59'), Giampiero Pinzi, Giovanni Pasquale, Dusan Bašta, Antonio Di Natale (Gabriel Torje 78'), Diego Fabbrini (Gelson Fernandes 72').

Lazio: Federico Marchetti, André Dias, Giuseppe Biava (Mobido Diakite 43'), Lionel Scaloni, Abdoulay Konko, Francesco Matuzalem, (Lorik Cana 37'), Cristian Ledesma, Javier Garrido, (Libor Kozák 70'), Alvaro González, Tommaso Rocchi, Stefano Mauri.