Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Carrick Yakin Laga Derbi Bukan Penentu Juara Liga

By Galih Rachdityo - Senin, 30 April 2012 | 16:31 WIB
Michael Carrick (Alex Livesey/Getty Images)

Michael Carrick tidak percaya jika laga derbi Manchester yang akan digelar di Stadion Etihad, Selasa (1/5) dini hari WIB, akan menjadi penentu peraih titel juara Premier League musim 2011/12.

Meski Sir Alex Ferguson melabeli laga derbi ini merupakan yang terpenting selama 26 tahun menangani The Red Devils, tapi gelandang tengah United ini tidak meyakini hal tersebut.

Dengan menyisakan tiga laga lagi menjelang akhir musim kompetisi, kedua tim masih harus melakoni laga-laga berat, meski laga yang akan dijalani Setan Merah sedikit lebih enteng dibandingkan kubu Manchester Biru.

Apabila meniliki laga-laga tersisa setelah laga derbi Manchester, Carrick menilai laga derbi tidak akan menentukan siapa yang berhak mengklaim titel juara Premier League musim ini.

"Apa pun yang akan terjadi, perburuan titel juara tidak akan berakhir setelah peluit terakhir dibunyikan," kata gelandang berusia 30 tahun tersebut di laman resmi klub, manutd.com.

"Sejujurnya, hanya kedua tim inilah yang menjadi pesaing utama dalam perebutan titel juara liga. Namun, masih ada laga-laga tersisa yang masih harus dilakoni, jadi saya tidak percaya laga derbi nanti akan menjadi penentunya."

"Siapa yang akan tahu apa yang terjadi kemudian? Kami hanya fokus pada laga ini dan berusaha meraih tiga poin. Kemenangan mungkin akan mempermulus langkah kami, tapi kami masih belum pasti meraih trofinya," cetus Carrick.

Eks punggawa West Ham dan Tottenham Hotspur ini juga tidak ingin United membuang peluang mereka lagi. Apabila City menang, skuad besutan Roberto Mancini tersebut akan memuncaki papan klasemen liga. Kendati demikian, Carrick menegaskan mereka hanya ingin fokus di laga derbi terlebih dulu.

"Kami masih berada dalam posisi yang lebih baik. Kami masih unggul tiga poin dengan tiga laga tersisa, dan saya kira beberapa orang sudah melupakan hal tersebut," ujar Carrick.

"Meski sepanjang bergulirnya musim kompetisi kami bisa kehilangan poin kapan saja, tapi kami tetap berusaha meraih hasil positif. Sejak paruh kedua musim, kami menempatkan diri dalam posisi yang bagus, tapi kami masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan."